iklan zonasultra

UMKM Diharapkan Buat Kemasan Produk Menarik

Kepala Dinas Perindagkop UMKM Kota Kendari, Syam Alam
Syam Alam

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Kota Kendari diharapkan bisa membuat kemasan produk yang menarik. Ini dimaksudkan agar dapat lebih banyak menarik minat konsumen.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari Syam Alam mengatakan, rata-rata pengusaha UMKM di Kota Kendari belum maksimal menghasilkan kemasan produk yang benar-benar menarik.

Kemasan ungkap Syam Alam, merupakan elemen terpenting dalam proses pemasaran sebuah produk. Jadi pihaknya terus memberikan pelatihan terhadap pelaku UMKM di Kota Kendari untuk bisa menghasilkan produk yang memiliki kemasan menarik.

“Kemasan produk masih menjadi salah satu kendala dalam pemasaran produk UMKM di daerah ini. Jadi kami berharap para pelaku UMKM di Kota Kendari bisa terus berinovasi untuk hal tersebut,”jelasnya, di ruang kerjanya, Selasa (13/2/2018).

Dituturkannya, hampir 60 persen pelaku usaha kecil di Ibu Kota Sulawesi Tenggara ini menggunakan alat yang tradisional untuk kebutuhan pengepakan dan pengemasan produk. Akibatnya nilai jual produk itu rendah meskipun kuakitasnya bagus.

Salah satunya dicontohkan oleh Syam Alam, masih ada pelaku usaha kecil yang pakai hanya bungkusan plastik dan merek produknya di fotocopy. Padahal dizama seperti ini para pelaku usaha dituntut untuk lebih kreatif.

“Kemasan sangat menentukan nilai jual produk karena yang paling pertama dilihat oleh konsumen adalah kemasan produk. Kami dari Pemerintah terus mendorong agar seluruh pelaku usaha bisa lebih baik lagi mengembangkan usahanya,”tuturnya. (B)

 

Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib