UNBK Kendari Tahun Ini Libatkan 100 Proktor

42
Dari 72 SMP di Muna, 11 Sekolah Siap Laksanakan UNBK
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dimudora) Kota Kendari akan melibatkan 100 proktor pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2019 ini. 100 proktor atau orang yang bertanggungjawab mengendalikan server untuk sebuah sekolah itu, nantinya akan disebar di berbagai satuan pendidikan yang ada di Kota Kendari.

Para proktor tersebut sengaja dilibatkan untuk terjun langsung ke sekolah-sekolah penyelenggara UNBK yang ada di Kota Kendari. Para proktor tersebut bersama teknisi dari sekolah masing-masing juga mengikuti pelatihan teknisi yang digelar oleh Dimudora.

Ketua Panitia UNBK Kendari, Makmur Tote mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan Proktor dan teknisi tidak lain dalam rangka agar para Proktor dan teknisi memiliki kemampuan menyelesaikan persoalan-persoalan berkaitan dengan kendala UNBK yang bakal diselenggarakan pada April mendatang.

“Sebenarnya, pelatihan Proktor dan teknisi tersebut tahun lalu juga sudah pernah dilaksanakan. Hanya saja supaya mereka memiliki skill yang lebih apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Makmur ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/3/2019).

Tambah dia, jumlah Proktor tergantung dari jumlah ruangan yang dimiliki satuan pendidikan. Tiap ruangan komputer nantinya akan memiliki satu orang proktor.

“Setiap satuan pendidikan mempunyai Proktor dan teknisi. Tetapi, setiap sekolah mempunyai jumlah Proktor yang berbeda-beda,” kata dia.

Ia mencontohkan, pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kendari, yang notabenenya termasuk Sekolah besar tersebut mempunyai lima proktor dan satu teknisinya.

Selain itu, lanjut Makmur, sampai saat ini pihak panitia tidak menemui kendala atau masalah yang berarti. Mengingat, selama pelaksanaan simulasi yang sudah dilaksanakan berjalan dengan baik sesuai harapan.

“Saya berharap, agar pelaksanaan UNBK tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu. Dan itu kita bisa pastikan karena segala persiapannya sudah dilaksanakan dari jauh-jauh hari,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Proktor dan Teknisi adalah petugas ujian nasional berbasis komputer yang menentukan jalannya pelaksanaan ujian di sekolah / madarsah. Secara umum tugas proktor adalah mengoperatori server UNBK sehingga dapat menyediakan soal – soa tampil di komputer siswa. sedangkan teknisi bertugas membantu jika terjadi gangguan teknis seperti komputer mati, jaringan tidak terhubung ke server dan lainnya. (b)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib