iklan zonasultra

iklan zonasultra

Unggul 29 Suara, Azhari Kembali Pimpin USN Kolaka

872
Unggul 29 Suara, Azhari Kembali Pimpin USN Kolaka
PILREK USN - Rapat Senat USN Kolaka, Jum'at (18/5/2018) memilih Azhari sebagai rektor untuk memimpin kampus merah maron itu. (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Setelah melalui berbagai tahapan seleksi selama hampir tiga bulan lamanya, Ashari akhirnya terpilih kembali memimpin Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk masa jabatan 2018-2022.

Azhari yang merupakan calon petahana, terpilih lagi pada Sidang Senat Bersama USN dan Kuasa Mentri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) yang dipimpin langsung Ketua Senat USN Kolaka Nur Iksan di ruang rapat utama rektorat, Jumat (18/5/2018).

Pada pemilihan tersebut, Azhari unggul mutlak dengan perolehan 29 suara dari 31 suara yang diperebutkan. Sementara dua calon lainnya yakni Prof. Ruslin Hadanu berada pada urutan kedua dengan 2 suara, dan Muhammad Satria yang tidak hadir saat pemilihan, tidak mengantongi satupun suara.

Ditemui usai sidang senat bersama USN, Kepala Biro Umum dan Keuangan Sekjen Kemenristek Dikti, Wiwin Darwina menyatakan bahwa proses pemilihan rektor USN periode 2018-2022 telah berjalan sesuai aturan dan menghasilkan rektor terpilih yang sah.

(Baca Juga : Ini Tiga Nama Calon Rektor USN Kolaka Terpilih)

“Sudah berjalan baik dan lancar dan sudah diputuskan oleh senat bahwa pak Azhari kembali terpilih dengan 29 suara dan calon lainnya Ruslin Hadanu 2 suara,” kata Wiwin.

Ditambahkan Wiwin, berdasarkan Peraturan Menristek Dikti Nomor 19/2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian pemimpin PTN, hak suara kementerian Ristek Dikti dalam setiap pemilihan rektor PTN adalah 35 persen.

“Dengan demikian komposisi jumlah suara pada pemilihan rektor USN kali ini adalah 11 suara dari kementerian dan senat USN sendiri 20 suara,” tambah Wiwin.

Terkait pelantikan rektor terpilih, Wiwin yang ikut memilih sebagai representasi 35 persen suara kementerian menjelaskan bahwa kemungkinan menteri akan menunjuk kembali pelaksana rektor hingga waktu tertentu.

“Rektor yang sekarang kan akan berakhir periodenya tanggal 26 Mei, sementara pak menteri masih punya kesibukan. Jadi untuk menghindari kevakuman akan ditunjuk pelaksana rektor,” ujar Wiwin.

Sementara itu, rektor USN terpilih Azhari yang ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan rasa syukurnya karena telah terpilih kembali untuk memimpin USN hingga 4 tahun kedepan.

“Saya berterima kasih dan bersyukur sudah kembali terpilih. Pelantikan mungkin belum bisa dilakukan. Mungkin akan ada pelaksana lagi,” kata doktor lulusan UGM tersebut.

Untuk diketahui, pemilihan rektor USN Kolaka kali ini adalah yang pertama kali dilakukan sejak Azhari merintis penegerian kampus USN hingga ditetapkan sebagai rektor pertama atas penunjukkan langsung Menristek Dikti.

Sebelumnya, tahapan pemilihan rektor USN dimulai sejak Februari lalu. Jumlah pendaftar bakal calon ketika itu mencapai 5 orang. Kelima orang tersebut masing-masing 2 dari USN, 2 dari Universitas Haluoleo, dan 1 orang dari UNM Makassar. (*)

 


Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib