iklan zonasultra

Untuk Buktikan Keberhasilan Membangun, Rusman Butuh Dua Periode

LM. Rusman Emba
LM. Rusman Emba

ZONASULTRA.COM, RAHA – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang, kepemiminan Bupati Muna LM Rusman Emba banyak menuai sorotan. Bahkan hal itu jadi perbincangan hangat di media sosial.

Sorotan kepada orang nomor satu di Bumi Sowite itu, terkait pembangunannya selama dua tahun terakhir. Pro kontra dari sejumlah pengguna media sosial pun muncul.

Salah satu pemilik akun facebook Herdhien Odhe Chico dalam postingannya Selasa (16/7/2019) kemarin, menyoroti soal kondisi salah satu sekolah di Kecamatan Duruka yang rusak. “Salah satu bukti bahwa RE tdk memperhatikan dunia pendidikan di MUNA,  yang begini mau 2 periode??? Pandehao wuto koneee,” tulisnya.

iklan zonasultra

Namun hal seperti itu, hanya ditanggapi santai oleh Rusman. Kata dia, kepemimpinannya baru menginjak 2 tahun lebih. “Jika bicara aspek pembangunan saya baru menuntaskan pembangunan efektifnya selama dua tahun anggaran. Jadi ini tidak bisa dijadikan ukuran penilaian,” terang Rusman, Rabu (17/7/2019).

Menurut Rusman, keberhasilan seorang pemimpin dalam membangun daerah itu tak boleh diukur satu periode. “Kalau pemimpin mau dikatakan nampak pembangunannya itu butuh dua periode,” ujarnya.

(Baca Juga : Rajiun Gencar Silaturahmi, Rusman Emba: Politik di Muna Keras)

Mantan ketua DPRD Sultra ini tak menampik bahwa saat ini, masih banyak pekerjaan rumah yang jadi visi dan misi belum terealiasasi seperti jalan, pasar, dan air bersih. “Itu terus jadi perhatian kami, dan sudah dianggarkan dalam APBD perubahan,” ujarnya.

Kata dia, jika dibandingkan dengan postur APBD Muna dengan pembangunan yang terealisasi baru beberapa persen saja. “Sebetulnya, dari usia kepemiminan saya ini jika dibandingkan dengan pembangunan maka itu baru mencapai 10 persen yang terelasisasi,” ungkapnya.

Rusman mengklaim, jika melihat fakta geliat pembangunan di Muna saat ini menunjukkan tren peningkatan dibandingkan beberapa tahun lalu.

(Baca Juga : Rusman Emba: Sejahterakan Rakyat, Pemda Muna Tak Pernah ‘Tidur’)

“Sekarang kita sudah bangun Infrastruktur jalan di beberapa kecamatan meskipun itu belum sempurna. Penataan pantai dan lapak. Pembangunan rumah adat hingga perampungan masjid kuning,” ujar dia.

Untuk diketahui, pasangan Bupati Muna LM Rusman Emba dan Malik Ditu dilantik pada awal September  2016 lalu. (B)

 


Kontributor: Nasruddin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib