iklan zonasultra

Usai Rakornas, Abu Hasan Akan Bangun Homestay Di Sekitar Destinasi Wisata Butur

Pemkab Butur Dorong Kedaulatan Pangan Petani Melalui Pertanian Organik
Abu Hasan

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ke  II 2017 kemarin (18/5/2017) Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan  segera membangun homestay di sekitar destinasi wisata di Butur. Rakornas yang mengangkat tema “Indonesian Incorperated: 20.000 Homestay Desa Wisata pada tahun 2017” tersebut dihadiri oleh lembaga terkait dan para kepala daerah termasuk Abu Hasan.

Pemkab Butur Dorong Kedaulatan Pangan Petani Melalui Pertanian Organik
Abu Hasan

“Pembangunan homestay ini sebetulnya terkait dengan pemberdayaan masyarakat disekitar deatinasi wisata, terutama bagi warga  berpenghasilan rendah. Saya nanti fokusnya kesitu,” ungkap Abu Hasan saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2017).

Ia akan melibatkan masyarakat berpenghasilan rendah dalam melakukan pembangunan homestay seperti yang dicanangkan oleh Kemenpar. Diakui Abu Hasan, Butur memiliki sejarah dan budaya yang memiliki destinasi wisata yang cukup besar.

Abu Hasan mengungkapkan bahwa Butur mempunyai benteng terbesar kedua setelah benteng di Buton yakni benteng Kulisusu. “Di sekitar benteng itu akan dibangun homestay, karena posisinya tidak terlalu jauh dengan pantai dan juga mangrove,” terangnya.

Ia akan berkoordinasi dengan Kemenpar lebih lanjut, mengingat konsep ini baru disampaikan Menpar Arief Yahya kemarin. Menurutnya pembangunan homestay merupakan pilihan tepat mengingat hotel di daerah-daerah seperti Butur masih sangat terbatas.

“Kalau membangun homesaty dalam jumlah terbatas bisa menggunakan APBD, sebagai stimulus sebelum ada pembangunan homestay yang dianggarkan oleh Kemenpar,” tutup Abu Hasan.  (B)

 

Reporter  :  Rezki Arifiani
Editor  :  Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib