iklan zonasultra

USN Gandeng UTHM Malaysia Kerjasama di Bidang Akademik dan Penelitian

USN Gandeng UTHM Malaysia Kerjasama di Bidang Akademik dan Penelitian
USN-UTHM - Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggandeng Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) melakukan kerjasama di bidang akademik, penelitian dan pengembangan universitas masing-masing. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman oleh Rektor USN Kolaka, Azhari, di Ruang Kerja Rektor USN Kolaka (26/11/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggandeng Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) melakukan kerjasama di bidang akademik, penelitian dan pengembangan universitas masing-masing.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman oleh Rektor USN Kolaka, Azhari, di ruang kerja Rektor USN Kolaka, Selasa (26/11/2019).

Rektor USN Kolaka Azhari mengatakan, kerjasama ini adalah tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan pihak UTHM. Kata dia, keduanya sepakat mengikat perjanjian atas dasar saling membutuhkan, serta didorong itikad yang sama untuk memajukan sumber daya manusia di kedua perguruan tinggi.

iklan zonasultra

Tak hanya dengan UTHM, USN sedang melakukan penjajakan dengan perguruan tinggi negara lain. Tapi sebagai langkah awal, pihaknya memilih Malaysia atas pertimbangan kesamaan kultur, dengan harapan persamaan itu akan memudahkan mencapai tujuan bersama.

(Baca Juga : USN Kolaka Gelar Upacara Hari Pahlawan di Kampus Baru Tanggetada)

Kata dia, dosen-dosen UTHM akan datang ke USN menjadi mentor untuk berbagi ilmu, dan juga para mahasiswa USN akan dikirim ke UTHM mengikuti proses perkuliahan dan menjadi mahasiswa magang di sana.

“Ke depannya antara USN dan UHTM akan menjalin kerjasama untuk program dua ijazah kelulusan (double degree),” jelasnya.

Sementara Perancang Strategi dan Perhubungan Korporat UTHM, Prof. Ahmad Tarmizi Bin Abd. Karim mengatakan, kerja sama dilakukan karena pihaknya menganggap USN Kolaka sebagai perguruan tinggi negeri baru yang memiliki potensi besar untuk maju dan berkembang sebagai lembaga pendidikan tinggi berkualitas.

“Kita pilih bekerjasama atas penilaian bahwa ini patut dikembangkan di mana UTHM yang berpengalaman selama 26 tahun merasa terpanggil untuk membantu USN yang baru berusia 5 tahun menjadi perguruan tinggi negeri untuk maju bersama,” jelasnya.

Kata dia, dengan kemajuan di bidang akademik, penelitian serta program pengembangannya, UTHM saat ini telah menyandang status sebagai lembaga perguruan tinggi dengan penilaian bintang empat di Malaysia.

(Baca Juga : 2020, USN Kolaka Percaya Diri Hadapi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi)

Selain dengan USN Kolaka, sebelumnya UTHM juga telah menjalin kerja sama dengan sedikitnya lima perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia diantaranya Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas 10 November Surabaya, dan Universitas Indonesia.

UTHM Malaysia adalah universitas negeri di Batu Pahat, Johor, Malaysia. Sebelumnya UTHM dikenal sebagai Institut Teknologi Tun Hussein Onn dan Kolej Universiti Teknologi Tun Hussein Onn. Bersama perguruan tinggi negeri lainnya, KUiTTHO dipromosikan menjadi status universitas penuh sejak tahun 2007. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib