iklan zonasultra

USN Kolaka Bakal Perbanyak Buka Program Vokasi

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari
Azhari

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka bakal memperbanyak dan memprioritaskan membuka program vokasi. Hal ini guna menghasilkan generasi muda yang terampil dan berdaya saing ke depan.

Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan, program vokasi tersebut nantinya dibuka di kampus USN Kolaka maupun di kampus B USN di Kecamatan Mawasangka, Buton Tengah (Buteng).

Iklan Zonasultra

“Rencana prodi akan ditambah lagi, yang kita fokuskan pada prodi-prodi sains dan vokasi,” ujarnya di Kolaka, Senin (29/7/2019).

Menurutnya, perguruan tinggi jangan hanya mencetak generasi yang selalu berorientasi menjadi pegawai negeri atau karyawan swasta. Perguruan tinggi harus menciptakan generasi yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Baca Juga : Alumni USN Kolaka Diminta Tak Hanya Berpikiran Jadi PNS

Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka, Ruslin Hadanu menambahkan, program vokasi (pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan keahlian) yang bakal dibuka di kampus B USN di Buteng seperti Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, dan Ilmu Kelautan.

Sementara program studi yang erat kaitannya dengan program vokasi untuk di kampus USN di Kolaka seperti Kesehatan Masyarakat, S-1 Keperawatan, dan S-1 Kebidanan.

Tak hanya sekadar rencana, pihak kampus merah marun itu juga telah memasukkan proposal permohonan izin operasional ke kementerian. Bahkan, kata dia, tenaga pengajarnya sedang dicari untuk dipersiapkan sebagai dosen.

“Kalau teman-teman ada yang punya ijazah S2 perkapalan, mesin, dan kelautan. Silakan masukan ke kami,” ujarnya.

Bila surat izin operasional dari kementerian telah terbit, kata dia, kemungkinan tahun depan pihaknya bisa membuka penerimaan mahasiswa pada program-program tersebut. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib