USN Kolaka Duduki Peringkat V Ajang NUDC 2019

USN Kolaka Duduki Peringkat V Ajang NUDC 2019
NUDC 2019 - Perwakilan dosen dan mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka saat mengikuti kegiatan National University Debating Championship (NUDC) 2019 pada 8-10 April 2019 lalu di Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar. (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menduduki peringkat lima dalam ajang National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Wilayah Tahun 2019 yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX pada 8 – 10 April 2019 di Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar.

USN Kolaka masuk semi final delapan besar dan menduduki posisi kelima, setelah bersaing dengan 40 universitas lainnya se-Sulawesi dan Gorontalo dalam mengikuti tahapan demi tahapan debat yang membahas berbagai isu global. Bersama universitas lainnya, yakni Universitas Hasanuddin Makassar (I), Universitas Sam Ratulangi Manado (II), Universitas Negeri Gorontalo (III), Universitas Tadulako (IV), Universitas Negeri Makassar (VI), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari (VII), dan Universitas Muhammadiyah Makassar (VIII) akan mewakili universitas se-Sulawesi dan Gorontalo pada ajang NUDC tingkat nasional di Universitas Airlangga Surabaya.

“Lomba debat bahasa Inggris ini dilakukan setiap tahun, ini tahun keempat kami mengikuti kegiatan debat tersebut. Alhamdulillah bisa lanjut dan masuk delapan besar,” jelas pendamping mahasiswa USN Kolaka, Rohima Nur Aziza Al Hakim di ruang kerjanya, Senin (15/4/2019).

Kata dia, USN Kolaka mengirim satu tim terdiri dari dua orang debaters dan satu orang ni adjudicator. Debaters USN Kolaka diwakili Nyoman Indah Artini sebagai first speaker (pembicara pertama) dan Nugroho Tri Laksono sebagai second speaker (pembicara kedua).

(Baca Juga : USN Kolaka Duduki Peringkat V Ajang NUDC 2019)

Keduanya merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USN Kolaka, masing-masing semester empat dan dua. Sedangkan, ni adjudicator diwakili oleh Nasmah Riyani selaku dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa InggrisUSN Kolaka.

“Debaters ini terpilih setelah mengikuti seleksi internal yang kita adakan beberapa hari sehabis menerima surat tentang lomba debat ini,” tambahnya.

Sementara Ni Adjudicator Nasmah Riyani mengatakan, bila perwakilan debaters USN Kolaka lolos pada lomba NUDC di Universitas Airlangga, Surabaya, maka bisa saja lanjut di World University Debating Championship (WUDC) membawa nama Indonesia di kancah internasional.

“Meskipun saya menjadi juri di sana, tapi saya tidak pernah ditempatkan untuk menjuri kelompok debat yang terdapat perwakilan dari USN Kolaka,” jelasnya.

Untuk itu, guna menghadapi debat di tingkat nasional pihaknya bakal mempersiapkan debaternya melalui pemberian pelatihan dari tenaga dosen. Selain itu, akan ada pelatihan di Makassar sebelum berangkat ke Surabaya pada Juli 2019 nantinya.

Pihak USN Kolaka pun memberikan dukungan dan motivasi, khususnya dari Rektor USN Kolaka, para wakil rektor, dekan dan ketua program studi, serta dosen di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Mereka semua terlibat dalam memberikan pelatihan kepada kedua perwakilannya. (a)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib