iklan zonasultra

USN Kolaka Siapkan 1.200 Kursi Bagi Peserta Tes UTBK

ilustrasi utbk
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan 1.200 kursi bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti tes ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka Ruslin Hadanu mengatakan, jumlah pendaftar UTBK gelombang pertama yang akan melakukan tes di kampus USN Kolaka mencapai 797 orang. Jumlah tersebut, sementara sudah termasuk dengan pendaftar gelombang dua.

“Pesertanya masih akan meningkat sampai penutupan pendaftaran gelombang kedua hari ini (1 April 2019). Biasanya mereka mendaftar di akhir-akhir,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/4/2019).

iklan zonasultra

Sebut Ruslin, jumlah peserta yang mengikuti tes jalur seleksi bersama di USN Kolaka mengalami peningkatan. Biasanya, jumlahnya hanya 600-an orang.

(Baca Juga : 355 Peserta Lulus Jalur SNMPTN di USN Kolaka)

Ia menjelaskan, pelaksanaan tes UTBK dimulai 13 April sampai 26 Mei 2019. Tes ini diikuti calon mahasiswa untuk memperoleh nilai skolastik dan akademik, baik saintek maupun soshum. Setelah memiliki sertifikat nilai, calon mahasiswa melakukan pendaftaran SBMPTN mulai 10 Juni – 24 Juni 2019.

Kemudian, mereka memilih program studi yang sesuai dengan nilai yang diperoleh. Meskipun tesnya di USN Kolaka, namun nilai itu bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia selain USN bila nilainya dianggap bisa bersaing.

“Jadi sekarang Iebih bagus, kalau dulu kan pilih program studi nilainya belum ada. Belum tau kemampuan. Nilai yang akan muncul ada dua yaitu nilai saintek dan soshum,” jelasnya.

Bila nilainya rendah, maka peserta bisa kembali mengikuti UTBK. Pelaksanaan tes UTBK memberikan kesempatan sebanyak dua kali kepada peserta. Nanti untuk mendaftar, akan menggunakan nilai yang paling tinggi setelah mengikuti dua kali tes. (a)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib