iklan zonasultra

USN Kolaka Target Penuhi Daya Tampung Penerimaan Maba

Gedung Rektorat USN Kolaka (Sumber Foto : usn.ac.id)
Gedung Rektorat USN Kolaka (Sumber Foto : usn.ac.id)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menargetkan dalam penerimaan mahasiswa baru (maba) pada tahun 2020, dapat memenuhi daya tampung perguruan tinggi negeri tersebut.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Prof Ruslin Hadanu mengatakan, untuk tahun ini daya tampung penerimaan mahasiswa baru Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka sebanyak 4.180 kursi.

Jumlah tersebut terbagi dalam tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 25 persen atau 1.046 kursi, pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 40 persen atau 1.885 kursi. Dan, daya tampung Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) sebanyak 1.249 kursi atau 30 persen.

iklan zonasultra

Saat ini, kata Ruslin, pihaknya tengah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru pada jalur SNMPTN. Proses pelaksanaannya dimulai sejak 18 Februari hingga 27 Februari 2020 mendatang.

(Baca Juga : USN Kolaka Dapat Tambahan Kuota Bidikmisi)

“Sekolah dan siswa terlebih dahulu melakukan registrasi PDSS. Dan itu sudah dilaksanakan sebelumnya. Setelah itu siswa mendaftar SNMPTN,” jelasnya ditemui di Kampus USN Kolaka, Senin (24/2/2020).

Ia menjelaskan, berdasarkan data sementara sudah lebih dari ratusan siswa yang berasal dari berbagai sekolah di Indonesia mendaftarkan dirinya pada jalur SNMPTN. Tak hanya dari Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya Kolaka dan Buton Tengah yang mendominasi jumlah pendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik ini, mengungkapkan pendaftar yang menjadikan kampus merah marun itu sebagai tempat melanjutkan pendidikan juga banyak dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

(Baca Juga : Ini Tiga Program Studi Baru USN Kolaka)

Dengan melihat banyaknya pendaftar yang menjadikan perguruan tinggi negeri pimpinan Azhari tersebut, sebagai kampus pilihan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, maka pihaknya optimis daya tampung untuk SNMPTN di Kampus USN dapat terpenuhi.

“Bila SNMPTN tidak tercukupi kuotanya maka bisa digeser sebesar 10 persen, masing-masing prodi dari daya tampung totalnya pada penerimaan SBMPTN. Ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tentang penerimaan mahasiswa baru 2020,” paparnya.

Ruslin menambahkan, penyebab bertambahnya jumlah pendaftar USN Kolaka pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 ini, dikarenakan sarana serta prasarana kampus yang terus berkembang dan meningkat. Selain itu, jumlah program studi (prodi) yang juga terus bertambah dengan akreditasi baik dan baik sekali. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib