iklan zonasultra

USN Usulkan 50 Mahasiswa Terima Beasiswa BI

USN Usulkan 50 Mahasiwa Terima Beasiswa BI
FOTO BERSAMA - Rektor USN Kolaka, Azhari (tengah), Manager Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Daniel Agus Prasetyo (kiri Rektor), Perwakilan Departemen Komunikasi Bank Indonesia (kanan Rektor) usai kegiatan asesmen program beasiswa Bank Indonesia di USN Kolaka, Selasa (21/5/2019). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 50 mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka diusulkan menjadi penerima program beasiswa Bank Indonesia (BI).

Mahasiswa di kampus merah maron itu, akan menerima beasiswa selama satu tahun atau dua semester sebesar Rp12 juta dari Bank Indonesia. Beasiswa diberikan per semesternya masing-masing Rp6 juta.

Namun, untuk mendapatkan program beasiswa tersebut, pihak kampus harus memenuhi syarat dalam tahap asesmen oleh tim asesor Bank Indonesia. Setelah itu, barulah kemudian Bank Indonesia dan USN Kolaka melakukan penandatanganan kesepakatan.

iklan zonasultra

Manager Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia Perwakilan Sultra, Daniel Agus Prasetyo mengatakan untuk mendapatkan beasiswa ini calon penerima harus memenuhi syarat diantaranya pandai atau memiliki nilai akademik di atas tiga.

Baca Juga : Bank Indonesia Asesmen Program Beasiswa di Kampus USN Kolaka

Selain itu, berasal dari keluarga pra sejahtera dengan menyertakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, serta mempunyai bakat di bidang tertentu dan kemampuan untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Kata dia, pihak universitas yang akan menyeleksi dulu dokumen mahasiswa tersebut, lalu memilih calon penerima yang sesuai kriteria dan potensial, kemudian diusulkan kepada Bank Indonesia untuk mengikuti proses wawancara.

“Kita lakukan wawancara terhadap mahasiswa terbaik yang dipilih pihak kampus. Kita akan pilih yang memang layak mendapatkan beasiswa,” jelasnya.

Ia mengatakan realisasi program ini diperkirakan bisa terlaksana pada semester berikutnya. Bila prosesnya lancar dan usulan pemberian beasiswa di USN Kolaka disetujui pusat kemungkinan Juni 2019 hasilnya keluar. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sultra dan USN Kolaka kemudian melakukan perumusan kerjasama pada Juli atau Agustus 2019.

“Mungkin Agustus atau September kita bisa lakukan seleksi calon penerima,” pungkasnya.(B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib