iklan zonasultra

Usulan NPHD Pilkada di Sultra, Anggaran Konsel Terbesar

komisioner KPU RI, Pramono Ubaid
Pramono Ubaid

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Dari 270 daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, sebanyak 252 Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengusulkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Total usulan NPHD sebesar Rp10,9 triliun. Sementara itu 18 daerah belum mengusulkan NPHD.

Untuk Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tujuh kabupaten telah mengusulkan NPHD. Dari tujuh daerah tersebut, Konawe Selatan (Konsel) mengusulkan anggaran terbesar dari yang lainnya sebesar Rp65,2 miliar.

Baca Juga : Ini Rambu-rambu Bagi Petahana yang Ikut Pilkada

iklan zonasultra

Selanjutnya Kolaka Timur (Koltim) sebesar Rp42,8 miliar; Muna Rp46,9 miliar; Wakatobi Rp32,3 miliar; Konawe Utara (Konut) Rp37,3 miliar; Buton Utara (Butur) Rp33,1 miliar; dan Konawe Kepulauan (Konkep) Rp30,6 miliar.

“KPU akan segera mengirimkan surat untuk mengingatkan 18 KPU daerah ini agar segera menyelesaikan usulan NPHD,” kata anggota KPU RI, Pramono Ubaid pada Senin (9/9/2019).

Selanjutnya, Pramono meminta KPU masing-masing daerah yang telah mengusulkan NPHD untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Baca Juga : 15 Pasang Calon Akan Bertarung di Pilkada Sultra, Ini Daftarnya

“Selanjutnya agar usulan NPHD ini segera dikomunikasikan dengan pemda dan DPRD masing-masing,” kata Pramono.

Sebelumnya KPU RI telah mengeluarkan PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pilkada. Ketua KPU RI Arief Budiman meminta para pemangku kepentingan seperti KPU sebagai penyelenggara, peserta pemilu, partai politik dan pemerintah daerah memahami PKPU tersebut dengan baik. Pemungutan suara akan digelar pada 23 September 2020. (b)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib