iklan zonasultra

Usulan Pembangunan Terminal Kontunaga Muna Dicoret

Usulan Pembangunan Terminal Kontunaga Muna Dicoret
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pembangunan terminal tipe B di Kecamatan Kontunaga Kabupaten Muna dicoret Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Padahal usulan pembangunannya sebelumnya sudah disetujui Dishub Provinsi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dishub Kabupaten Muna, Laode Nifaki Toe. Menurut dia, pihaknya belum mengetahui alasan pencoretan pembangunan terminal yang direncanakan bakal mengurai semrawutnya terminal bayangan yang beroperasi di Kota Raha.

“Saya belum tahu juga alasan pencoretan itu,” terang Nifaki, Kamis (11/4/2019).

iklan zonasultra

(Baca Juga : Terminal Tipe B Kontunaga Muna Segera Dibangun)

Dia justru dibuat kaget dengan munculnya usulan pembangunan terminal di Kecamatan Napabalano Desa Tampo. “Saya kaget dengan munculnya rencana pematangan terminal Tampo, di Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) milik Dinas Perhubungan Sultra. Padahal sebelumnya tidak diusul,” ujar Nifaki.

Dishub Muna sebelumnya belum pernah mengusul terminal tipe B di Tampo. Dia menilai bila terminal tipe B dibangun di Tampo maka tak memenuhi syarat.

“Di Tampo itu tidak representatif karena berada di sudut kota. Sementara di Kontunaga sangat potensial karena semua trayek dalam kota muaranya mesti berada di tengah kota,” timpalnya.

Nifaki mengaku pembangunan terminal tipe B di Muna merupakan wewenang sepenuhnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. Dishub Muna hanya mengusul lokasi dan pembebasan lahan.

“Daerah hanya mengusulkan karena bicara anggaran semua Pemprov yang urus. Kita hanya mencarikan lokasi dimana yang representatif atau tidak,” jelasnya.

Sebelumnya, pembangunan terminal tipe B rencananya akan dibangun di atas lahan sekitar 2 hektar di Kecamatan Kontunaga. “Lokasinya sebelumnya sudah ditinjau oleh Pemprov, termasuk hibah lokasi sudah lengkap. Kita sudah siapkan semua tinggal pembangunan. Tapi ujung-ujungnya dicoret,” kata Nifaki.

Padahal, Nifaki mengurai sesuai dengan perencanaan, pembangunan terminal tipe B di Kontunaga akan mampu meminimalisir terminal bayangan yang berhamburan di setiap titik Kota Raha.

Pembangunan terminal tipe B itu sendiri bertujuan untuk mengganti terminal Laino yang kini kondisinya sudah tidak memadai dan Laino masih tipe C. Tingkat mobilitas angkutan umum yang cukup tinggi, Muna dinilai tak memadai lagi dan perlu penambahan terminal tipe B di Kontunaga. (B)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib