Usulan Program Musrenbang di Kolaka Capai Angka Lima Triliun

Usulan Program Musrenbang di Kolaka Capai Angka Lima Triliun
MUSRENBANG RKPD - Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka Tahun 2020 di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Kamis (28/3/2019). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Usulan program yang masuk dari desa, kelurahan, dan kecamatan se-Kabupaten Kolaka mencapai Rp 5 triliun untuk dimasukkan dalam program pembangunan 2020 mendatang. Usulan itu dibahas Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Kamis (28/3/2019).

Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kolaka, Sri Raoda Buna mengatakan kemampuan keuangan daerah hanya Rp 1,3 triliun, itu sudah termasuk untuk pembayaran gaji dan tunjangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Usulan yang mencapai Rp 5 triliun karena rata-rata program dan kegiatan yang diusulkan bersifat fisik. Program usulan belanja langsung pemerintah daerah (pemda) pada 2020 mencapai 41 program, 47 program kecamatan dan kelurahan, serta 6 program non urusan/rutin.

(Baca Juga : Pemda Kolaka Program Peningkatan Infrastruktur Jalan dan Revitalisasi Pasar)

Ia menuturkan dari semua usulan dalam musrenbang kali ini, tentunya tidak semua bisa diakomodir. Kata dia, ada keterbatasan anggaran maka perlu dilihat program prioritasnya, untuk dilaksanakan sampai 2020 nanti.

“Tentunya, dengan menyesuaikan pada rancangan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Kolaka, dan menyelaraskan dengan program provinsi dan nasional,” ujar Sri Raoda dalam Musrembang penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 Tingkat Kabupaten tersebut.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah Bapedda Sultra I Gede Panca mengatakan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kolaka maka mesti bisa melihat skala prioritas.

Pemerintah kabupaten juga harus bisa berinovasi mencari dana dari luar, tidak hanya mengandalkan anggaran yang ada di kabupaten. Selain itu, kepala satuan kerja perangkat daerah agar lebih rajin untuk membangun komunikasi dengan kementerian masing-masing.

Kegiatan Musrenbang RKPD Kolaka 2020 ini dibuka oleh Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin. Dihadiri oleh perangkat desa, lurah, camat, kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah Bapedda Sultra, I Gede Panca, dan Ketua Jurusan Ekonomi dan Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo, La Ode Suriadi. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Muh Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib