Vaksinasi Covid-19 Dibagi Dua Gelombang, Mulai Januari 2021

224
Vaksinasi Covid-19 Dibagi Dua Gelombang, Mulai Januari 2021
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahapan awal program suntik vaksinasi Covid-19 ditetapkan pemerintah mulai Januari 2021 yang akan diberikan gratis bagi seluruh masyarakat.

Mengutip keterangan resmi Kementerian Kesehatan, Jumat (1/1/2021) dari CNBC Indonesia, tahapan vaksinasi dibagi menjadi dua gelombang, yaitu:

1. Gelombang I: Januari hingga April 2021
Tahapan ini melibatkan 1,3 juta tenaga kesehatan, 17,4 juta petugas publik dan 21,5 juta lansia.

2. Gelombang II: April 2021 sampai Maret 2022
Setidaknya 63,9 juta masyarakat rentan dari daerah dengan risiko tinggi masuk dalam gelombang II ini. Berikutnya, ada 77,4 juta masyarakat lainnya yang disesuaikan dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.

Adapun bagi lansia berusia lebih dari 60 tahun akan divaksinasi setelah mendapat informasi keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut dari Badan POM.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, tenaga kesehatan akan menjadi pihak pertama yang berada dalam tahapan vaksinasi tersebut, selanjutnya petugas publik, lansia, lalu masyarakat lainnya.

Namun pemberian vaksin ini hanya akan dilakukan apabila telah mendapatkan persetujuan dari Badan POM.

Rencana tahapan tersebut juga sebelumnya telah dikonsultasikan dengan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) atau badan independen yang memberikan saran kepada Menteri Kesehatan terkait program vaksinasi di Indonesia.

Kemudian, pemerintah berpegangan penuh pada data-data sains untuk memastikan keamanan dari vaksin Covid-19. Program vaksinasi tetap harus terus dijalankan bersama dengan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun.

 


Editor: Ilham Surahmin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini