iklan zonasultra

Virus Corona Merebak, 100 Ribu Masker Kimia Farma Kendari Ludes Terjual

Virus Corona Merebak, 100 Ribu Masker Kimia Farma Kendari Ludes Terjual
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mewabahnya virus corona di Kota Wuhan, China dan kini menyebar ke sejumlah negara di dunia membuat orang-orang melakukan upaya pencegahan. Salah satunya dengan memakai masker.

Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), seminggu terakhir ini angka penjualan masker meningkat drastis. Sebanyak 100 ribu potongan masker di Apotek Kimia Farma cabang Kendari ludes terjual.

Baca Juga : Infografis : Waspada Virus Corona

iklan zonasultra

Kepala Tata Usaha (TU) Kimia Farma Cabang Kendari Faisal mengatakan, dalam waktu satu minggu terakhir jumlah masker yang terjual mencapai 100 karton. Satu karton berisikan 20 box, dalam satu box ada 50 picies (pcs).

“Naiknya dratis pascaviralnya virus corona ini, sangat terasa kenaikannya,” ungkap Faisal saat dihubungi, Minggu (2/2/2020).

Namun Faisal tidak tahu secara pasti peruntukkan masker-masker tersebut apakah permintaan dari perusahaan tambang di Sultra yang memperkerjakan TKA China atau bukan. Namun ia membenarkan jika penjualan masker meningkat drastis.

Saat ini ketersedian stok masker di Kimia Farma masih aman dan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Jika masih dibutuhkan dengan jumlah lebih banyak lagi, pihaknya siap memenuhi permintaan tersebut.

Jenis masker yang terjual lebih banyak adalah masker biasa dan sisanya masker N95 yang tercatat mencapai 900 pcs atau potongan.

Dikutip dari Mojok.co masker N95 dikenal sebagai respirator yang mampu menyaring udara hingga 95 persen. Masker ini direkomendasikan untuk pencegahan virus corona karena lebih aman. Masker ini juga bisa dipakai beberapa kali, dalam arti dilepas sebentar lalu dipakai kembali, namun tidak lebih dari lima kali.

Sementara Apoteker Penanggung jawab Apotek Kimia Farma Bulog, Indra menyebutkan bahwa ada permintaan khusus dari perusahaan tambang yang ada di Morosi, Kabupaten Konawe untuk masker jenis N95. Transaksi terakhir tercatat ada 1.000 pcs masker N95 dibeli oleh perusahaan tambang.

Baca Juga : Dinkes Kendari Minta Puskesmas Amati Pasien Gejala Virus Corona

Bahkan pihaknya saat ini sedang memesan dari Jakarta 10.000 pcs masker N95 karena stoknya di Apotek Kimia Farma Bulog sudah habis.

“Ada yang lagi menunggu konfirm persetujuan perusahaan mereka berapa yang deal mau dipesan,” katanya.

Data yang dimiliki Kimia Farma cabang Kendari merupakan akumulasi total penjualan masker yang ada di Kota Kendari melalui 12 gerai apoteknya. (A)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib