iklan zonasultra

Wabup Kolaka Soroti Bangunan Kantor Baru Bapenda

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin
Muhammad Jayadin

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kolaka meresmikan bangunan kantor barunya yang terletak di Jalan Khairil Anwar, Lamokato, Kolaka, Senin (30/12/2019).

Gedung kantor yang dibangun dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) senilai Rp2,2 miliar tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Kolaka, Muhammad Jayadin.

Pada kesempatan tersebut, sebelum membawakan sambutan dan meresmikan, Jayadin sempat menyoroti bangunan kantor baru Bapenda Kolaka yang tidak merepresentasikan motif Mekongga pada bangunannya. Motif ini biasanya menggambarkan tumbuhan seperti anggrek dan hewan seperti burung elang pada bangunan.

iklan zonasultra

Baca Juga : Bakal Kembali Pasangi Tapping Box, Bapenda Kolaka Sosialisasi ke Pelaku Usaha

Jayadin mengatakan seharusnya motif Mekongga ini tidak hanya ditempel saja pada dinding luar bangunan, akan tetapi menjadikan motif itu bagian yang tidak dapat terpisahkan dari seluruh bangunan.

“Harusnya lambang motif-motif Mekongga menjadikan bagian yang tidak terpisahkan. Ini saya lihat hanya ditempel-tempel saja. Mungkin baru ada yang beri masukan, karena tidak ada motifnya, sehingga ditempel saja,” ujarnya.

Menurutnya, tidak hanya bangunan kantor Bapenda Kolaka, hal ini menjadi kontrol dan evaluasi bagi instansi lainnya, ketika membangun harus menyertakan identitas tersebut pada bangunan kantor.

Sehingga, perencanaannya mesti membuat desain yang bisa mewakili ciri khas kebudayaan jazirah barat Sulawesi Tenggara ini. Hal itu agar, kecintaan terhadap kebudayaan lokal daerah terus terjaga.

Menanggapi sorotan tersebut, Plt Kepala Bapenda Kabupaten Kolaka, Andi Tenri Gau mengatakan pihaknya memang hanya menempel saja motif Mekongga itu. Kendati demikian, kata dia, apa yang telah disampaikan oleh Wakil Bupati Kolaka bakal dievaluasi ke depannya.

Baca Juga : Hari Ibu, Wabup Kolaka: Kita Mesti Lebih Menghargai Perempuan

“Yang jelasnya memang dan harusnya setiap bangunan yang dibuat harus ada muatan lokalnya. Harus mencerminkan budaya Mekongga,” ujar Tenri.

Menurutnya, meskipun mendapat sorotan dari Wakil Bupati Kolaka, setelah peresmian kantor ini, ke depan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus bisa semakin maksimal. Selain itu, pendapatan asli daerah dari penarikan retribusi dan pajak daerah dapat semakin meningkat sesuai target. Sebab, kantor Bapenda Kolaka di Jalan Pemuda, Laloeha, yang lama sangat sulit dijangkau oleh masyarakat karena berada di atas ketinggian. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib