Honda

Wabup Konawe Tinjau Lokasi Proyek Percontohan

Wabup Konawe Tinjau Lokasi Proyek Percontohan
TINJAU LOKASI - Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara memeriksa gambar proyek saat meninjau lokasi pengerjaan proyek percontohan di BTN Idaman Indah Wawonggole, Kelurahan Wawonggole, Kecamatan Unaaha Konawe. (Restu Tebara/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Wakil Bupati (Wabup) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Gusli Topan Sabara meninjau lokasi proyek percontohan di Kelurahan Wawonggole, Kecamatan Unaaha, Konawe. Hal ini dilakukan agar proyek terintegrasi beberapa dinas berjalan dengan baik.

Proyek ini dikerjakan oleh sejumlah dinas yang ada di Konawe yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Gusli menyebut, sesuai dengan target Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, proyek ini direncanakan tuntas pada Desember 2019 ini, sehingga dirinya turun langsung meninjau proses pengerjaannya. Proyek itu dikerjakan sejak Selasa (8/10/2019) lalu.

iklan zonasultra

“Ini merupakan pilot project (percontohan) pemerintah dalam rangka menuju kawasan pemukiman yang ramah lingkungan dan ramah kepada masyarakat, dan ramah kepada anak,” ujar Gusli saat meninjau lokasi proyek, Kamis (10/10/2019) sore.

Selain ramah, Gusli menyebut kawasan pemukiman ini juga dirancang sebagai kawasan sehat dan kawasan mandiri pangan, sehingga dalam pengerjaan dan penganggarannya dilakukan oleh seluruh instansi terkait.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menjelaskan, proses pelibatan beberapa dinas dalam proyek ini tidak hanya untuk percepatan proses pengerjaan, tetapi tahap awal proses pembelajaran penyelesaian proyek secara terkoneksi.

“Jadi tidak ada lagi dinas yang bekerja parsial (sendiri-sendiri), semua harus belajar bekerja sama, nanti masing-masing instansi mengerjakan bidangnya,” imbuhnya.

Meski begitu, Gusli tidak dapat merinci berapa total anggaran yang digelontorkan untuk mengerjakan proyek tersebut. Berdasarkan data yang dihimpun awak media, terdapat beberapa item kegiatan dalam proyek ini yaitu pengaspalan jalan sepanjang 2,3 kilometer, pembuatan drainase yang juga dijadikan sebagai kolam ikan, trotoar, rak tanaman pangan, dan gerbang pemukiman (gapura). (B)

 


Kontributor : Restu Tebara
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib