iklan zonasultra

Wakatobi Siapkan Upacara HUT RI di Bawah Laut

Wakatobi Siapkan Upacara HUT RI di Bawah Laut
HUT RI - Persiapan upacara bawah laut dalam rangka HUT RI yang ke 73 di perairan pantai Cemara, Desa Wapia-pia, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra). Minggu, (12/8/2018). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,WANGI-WANGI-Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal terasa istimewa. Sebuah upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut kini sedang disiapkan pelaksanaanya oleh kelompok penyelam dari Wakatobi Profesional Diver Association (WPDA).

“Kita nanti akan gelar upacara bawah lautnya di perairan Pantai Cemara, Desa Wapia-pia, Kecamatan Wangiwangi, Wakatobi,” kata Setiawan Jodi, Ketua Panitia Penyelenggara, Minggu (12/08/2018). Kata Setiawan, hajatan itu terwujud berkat kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi, juga Dinis Cemara Dive Center (DCDC).

Pengibaran bendera itu, kata Setiawan, akan dilakukan di kedalaman delapan meter, dibawah permukaan laut. sebelumnya, setahun lalu, dilakukan di kedalaman 10 meter. “Karena kita lihat antusias peserta tahun lalu yang membludak dan rata-rata pemula, sehingga lebih mudah untuk dipandu,”ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, persiapan sudah mencapai 50 persen dan peserta yang mendaftar sudah sekira 43 orang dari target 80 peserta. “Saat ini kita sementara memasang peralatan kebutuhan upacara yang ramah lingkungan. Pesertanya ada diver lokal maupun dari luar daerah dan mancanegara,”ungkapnya saat ditemui di DCDC, Desa Wapia-pia, Kecamatan Wangiwangi. Minggu, (12/8/2018).

Untuk persyaratan mengikuti upacara bawah laut tersebut, minimal memiliki lisensi selam minimal level I atau open water. Sementara untuk peserta Discover akan di pandu langsung oleh instruktur dan Dive master yang telah disiapkan oleh panitia.(B)

 


Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib