iklan zonasultra

Wakil Ketua MPR RI Apresiasi Kerukunan Beragama di Konsel

Wakil Ketua MPR RI Apresiasi Kerukunan Beragama di Konsel
EMPAT PILAR - Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI Jazilul Fawaid (tengah) melakukan sosialisasi empat pilar MPR kepada masyarakat, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) di pendopo rujab bupati, Jumat malam (11/9/2020). (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Wakil Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI Jazilul Fawaid melakukan sosialisasi empat pilar MPR kepada masyarakat, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) di pendopo rujab bupati, Jumat malam (11/9/2020).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Konsel Surunuddin Dangga yang turut didampingi Sekretaris Daerah Sjarif Sajang. empat pilar yang menjadi topik utama sosialisasi yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menyampaikan apresiasinya atas terciptanya kerukunan antar umat beragama masyarakat Konsel di tengah keanekaragaman agama dan suku. Menurutnya, hal itu cerminan penerapan dari salah satu sila dalam falsafah Pancasila, yang jadi poin utama dalam kegiatan sosialisasi.

“Apresiasi dan rasa syukur di daerah Konsel mampu menjalin kerukunan dan masih ada rasa persatuan yang terjaga, padahal setahu saya di sini ibaratnya Indonesia mini yang masyarakatnya berasal dari berbagai daerah di Nusantara,” ujar Jazilul.

Kata dia, Pemda Konsel bersama masyarakat dan forum keagamaan berhasil mengkristalisasi nilai-nilai luhur hidup Pancasila di kehidupan sehari-hari dengan hidup bersama dan berdampingan dalam bermasyarakat dan bernegara. Dia berharap hal ini terus dilestarikan.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara tidak ada satupun yang bertentangan dengan agama manapun. Begitu pun ajaran agama di Indonesia tidak ada yang bertentangan dengan Pancasila.

Untuk itu, lanjut Jazilul, di daerah penting lebih menghidupkan organ-organ empat pilar MPR RI sebagai penopang membangun kerukunan dan menciptakan persatuan dan kesatuan. Pemerintah harus selalu hadir dan mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul di tengah masyarakat melalui forum yang telah terbentuk dan difasilitasi negara, salah satu di antaranya Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin menyampaikan apresiasi dan selamat datang kepada Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid sekaligus berterima kasih atas ditunjuknya Konsel sebagai salah satu lokasi kegiatan sosialisasi. Kedatangan Jazilul dianggap sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan persatuan dan wawasan kebangsaan bagi seluruh masyarakat.

“Semoga dengan kehadiran dan acara sosialisasi malam ini makin menambah dan memperkokoh semangat persatuan serta kesatuan bangsa dan kebersamaan kita semua,” kata Surunuddin.

Politikus Golkar itu menambahkan, bahwa menjaga persatuan dan kebersamaan di tengah masyarakat majemuk, juga merupakan syarat mutlak bagi bangsa dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

“Dan tentunya sebagai modal penting khususnya dalam membangun demi mewujudkan ‘Desa Maju Konsel Hebat’ di daerah Konawe Selatan di tengah tantangan yang begitu kompleks di era revolusi industri dewasa ini,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, di sela-sela kegiatan sosialisasi, Bupati Surunuddin dan Wakil Ketua MPR RI saling memberi cendera mata yang disaksikan ratusan peserta dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemda Konsel. (B)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib