iklan zonasultra

Wakili Sultra di Festival Perikanan Nasional, Wakatobi Promosikan Ini

La Ode Agus Riyanto
La Ode Agus Riyanto

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Kabupaten Wakatobi terpilih mewakili provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam festival perikanan nasional yang akan digelar di Jakarta, tanggal 7 Desember nanti. Pada kesempatan itu, daerah yang masuk dalam 10 top destinasi wisata Indonesia itu akan mempromosikan sejumlah menu makanan lokal yang dimilikinya.

Kepala Dinas (Kadis) Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Wakatobi melalui kepala seksi pengolahan dan pemasaran hasil laut, La ode Agus Riyanto mengatakan menu makanan lokal yang akan mereka promosikan adalah 10 jenis produk oleh-oleh khas Wakatobi yang telah disertifikasi.

“Begitu juga dengan kuliner tradisional khas Wakatobi seperti Heloa Sira dari pulau Wangiwangi, perangi dari pulau Kaledupa, Kadampo dari pulau Tomia, Suir Tuna dari Pulau Binongko dan menu anggur laut (Latu),” kata Agus, Selasa (4/12/2018).

iklan zonasultra

Agus menjelaskan, festival itu akan diikuti oleh DKP Wakatobi bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat serta dua kelompok teologi Tomia dan Bajo catering dari pulau Wangiwangi. Kedua kelompok ini merupakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) terbaik di daerah itu.

“Harapan dan target kita bersama pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Wakatobi, kita berharap produk-produk kuliner tradisional Wakatobi bisa lebih dikenal di seluruh Indonesia. Dan masuk dalam jajaran produk unggulan nasional,” terangnya.

Diketahui, Wakatobi terpilih sebagai utusan Sultra dalam festival tersebut setelah sebelumnya daerah yang dinahkodai Arhawi ini berhasil menyabet juara satu dalam lomba tingkat provinsi untuk kategori kuliner dan menu serba ikan. (C)

 


Kontributor : Nova Ely Surya
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib