iklan zonasultra

Wamen LHK Sebut TNRAW Bisa Jadi Wisata Baru untuk Sultra

Wamen LHK Sebut TNRAW Bisa Jadi Wisata Baru untuk Sultra
PENINJUAN- Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong (kanan) bersama Kepala Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) Ali Bahri (kiri) saat meninjau kawasan Pusat Konservasi Rusa, Kamis (12/11/2020). (ISTIMEWA)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong menyebutkan kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) merupakan salah satu yang paling unik di Indonesia dan bisa menjadi ikon wisata baru bagi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut diungkapkannya usai melalukan peninjauan langsung ke kawasan TNRAW, Kamis (12/11/2020) bersama rombongan Kementerian LHK serta didampingi Plt Bupati Konawe Selatan (Konsel) Arsalim.

“Unik karena terdiri dari 4 ekosistem berbeda ada rawa, mangrove, savana dan hutan tropis,” ungkap Alue saat ditemui usai mengunjungi, Mangrove Site TNRAW.

Apalagi kata dia, TNRAW memiliki endemik fauna yang tidak dimiliki kawasan lain seperti anoa, maleo, rusa timor, monyet sulawesi hingga kura-kura yang pernah menjadi objek peneliti dari Amerika.

Ia berharap keunikan yang ada itu dapat menjadi ciri khas destinasi unggulan bagi Kabupaten Konsel dan ikon baru bagi Sultra. Sehingga dukungan dan sinergitas antara Balai TNRAW dan pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

“Terimakasih juga kepada Pemda konsel yang sudah memberikan dukungannya untuk pembangunan beberapa fasilitas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Wamen LHK bersama rombongan mengunjungi beberapa titik di TNRAW yakni Pusat Konservasi Rusa dan Mangrove Site. Mereka juga melakukan penanaman pohon di Pusat Konservasi Rusa.

Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib