iklan zonasultra

Warga Keluhkan Lambatnya Pembuatan KTP Elektronik di Kolut

Warga Keluhkan Lambatnya Pembuatan KTP Elektronik di Kolut
Sejumlah Warga mengeluhkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskudcapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). (Rusman Edogawa/ZONASULTRA.COM)

Warga Keluhkan Lambatnya Pembuatan KTP Elektronik di KolutPELAYANAN – Sejumlah Warga mengeluhkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskudcapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). (Rusman Edogawa/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Sejumlah Warga mengeluhkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskudcapil) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Salah satu yang dikeluhkan yaitu lamanya pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

“Sudah Hampir setahun ini KTP-el keponakan saya belum juga jadi, setiap datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan selalu alasan masalah jaringan,” kata Herman warga Desa Tolala Kecamatan Tolala, Senin (23/10/2017)

Herman mengatakan seharusnya pihak Disdukcapil memprioritaskan data yang lebih dulu masuk,pasalnya sejak 2016 berkasnya sudah masuk tapi setiap kali datang hanya diberi keterangan tidak jelas dari bagian pelayanan.

“Kasihan kita sudah barapa kali datang tapi belum jadi tu KTP, jadi saya complain” ujarnya.

Herman berharap,Diskudcapil bisa lebih meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat terutama dalam pembuatan KTP-el. Jangan sampai masyarakat yang ingin bertanya dan kurang pengetahuannya diabaikan begitu saja oleh bagian pelayanan.

“Begitu saya sudah komplent,baru di perhatikan,dan KTP keponakan saya dicetak,”tambahnya.

Sementara Warga Desa Kondara Amir jaya juga menyesalkan pelayanan karena bulan oktober 2016 berkas pembuatan KTP-el sampai sekarang belum jadi.

“Saya sudah tiga kali datang belum juga di cetak,sementara ada yang baru masukkan berkasnya sudah jadi KTP-nya,”ucap Amir dengan nada kesal.

Salah satu staf yang tidak mau di sebut namanya mengatakan penyebab terlambatnya cetak KTP disebabkan sistem dan jaringan.

“Penyebab keterlambatan itu selalu karena jaringan, jadi mohon dimaklumi,”ujarnya.

Dari pantauan Zonasultra.com terjadinya warga yang antri mengurus kependudukan disebabkan loket-loket pelayanan kurang aktif membantu warga yang akan melakukan pelayanan KTP-el dan pelayanan kependudukan lainnya. (B)

 

Reporter : Rusman Edogawa
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib