iklan zonasultra

Warga Kolut Dihebohkan Naiknya Ribuan Ikan ke Pantai

Warga Kolut Dihebohkan Naiknya Ribuan Ikan ke Pantai
FENOMENA IKAN - Warga Desa Pitulua Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) dihebohkan dengan fenomena banyaknya ikan jenis lajang yang terdampar di sekitar pantai di wilayah itu, Selasa (30/4/2019). (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Warga Desa Pitulua Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) dihebohkan dengan fenomena banyaknya ikan jenis lajang yang terdampar di sekitar pantai di wilayah itu, Selasa (30/4/2019).

Warga tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menangkap secara langsung ikan-ikan yang diperkirakan berjumlah ribuan. Bahkan ada yang menangkap menggunakan alat seadanya seperti ember, baskom dan ada yang hanya menggunakan tangan.

Salah Satu Warga Pitulua Saharudin (45) mengatakan fenomena alam tersebut baru pertama kali. Dia menyaksikan langsung ikan jenis lajang ekor kuning naik sendiri di permukaan pantai, padahal ikan itu hanya bisa didapatkan di laut lepas menggunakan kapal jenis bagang dengan alat khusus.

iklan zonasultra

Baca Juga : Tanah Retak, Puluhan Warga Kolaka Utara Mengungsi

“Saya sudah 20 tahun tinggal di Desa Pitulua baru pertama kali melihat ikan begitu banyak naik di pinggir pantai begini,” kata Saharudin sambil memperlihatkan hasil tangkapannya, Selasa (30/4/2019).

Ikan itu mulai terlihat sekitar pukul 18.00 wita. Karena jaraknya hanya 10 sampai 20 meter dari darat, puluhan orang berbondong-bondong turun dengan membawa alat seadanya. Ketinggian air laut hanya sampai betis dan sebatas pinggang orang dewasa.

Meski dirinya menganggap kejadian itu tidak biasa dan sangat langka, ia bersama rekannya berusaha menangkap ikan sebanyak mungkin, apalagi ada ikan yang hanya mengapung di atas air.

“Ikan itu mulai naik habis Magrib. Begitu saya dengar sudah banyak turun bahkan ada yang sampai empat gabus,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan zonasultra.com setelah mengetahui fenomena tersebut melalui media sosial, puluhan warga sekitar Lasusua penasaran dan langsung menuju tempat kejadian. Ada yang hanya datang menyaksikan kejadian itu, dan ada juga yang langsung turun untuk menangkap ikan. (A)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

1 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib