iklan zonasultra

Warga Kota Kendari Diminta Tak Takbir Keliling

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kota Kendari, Nahwa Umar
Nahwa Umar

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Nahwa Umar menghimbau masyarakat di daerah itu untuk tidak melakukan takbir keliling pada malam menjelang Hari Raya Iduladha 1440 H yang akan jatuh pada Sabtu (10/8/2019) malam nanti.

Hal tersebut dilakukannya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ia meminta masyarakat takbiran di Masjid saja. Ia juga meminta kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kendari melakukan koordinasi terkait hal-hal yang mesti dipersiapkan guna mendukung kelancaran pelaksanaan shalat Ied nanti.

Baca Juga : PLN Kendari Pastikan Tak Ada Pemadaman Selama Iduladha

“Saya juga himbau masyarakat supaya menjaga ketertiban selama pelaksanaan shalat Iduladha nantinya,” ujar Nahwa Umar, di Kantor Wali Kota Kendari, Jumat (10/8/2019).

Sementara itu, Ketua PHBI Kota Kendari Alamsyah Lotunani memastikan Pemkot Kendari tidak mengadakan takbir keliling saat malam pelaksanaan Iduladha nanti.

“Demi alasan keamanan, saya menghimbau takbir dilakukan dimasjid saja, tidak usah dijalanan,” imbuhnya.

Selan itu, Asisten I Pemkot Kendari Makmur menjelaskan, setiap masjid diperbolehkan mengadakan takbir pada malam pelaksanaan Idul Adha. Pihaknya juga telah menyurati kecamatan terkait masjid mana saja yang akan dijadikan pusat takbir di wilayah kecamatan.

Baca Juga : Pastikan Hewan Kurban Layak Konsumsi, Distan Kendari Siapkan 11 Dokter Hewan

Terkait persiapan pelaksanaan salat Iduladha sendiri, terdapat 104 titik shalat Ied yang tersebar di setiap kelurahan se-kota Kendari. Untuk titik pusat sendiri pelaksanaan salat sendiri, akan dilakukan di mesjid Al-Kautsar Kendari.

“Khutbah seragamnya juga akan kita distribusikan ke setiap titik shalat Ied di Kendari. Saya juga tekankan para lurah untuk mendata berapa jumlah hewan kurban di wilayahnya. Dinas Peternakan juga akan kita Surati untuk melakukan pengecekan kondisi hewan kurban itu,” ujarnya. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib