Tampilan Desktop



Warga Tampo Temukan Cairan Mirip Minyak Mentah
832 Dibaca

Warga Tampo Temukan Cairan Mirip Minyak Mentah PENEMUAN MINYAK – Seorang Warga di sekitar kios milik Nur Aini sedang melihat semburan kecil minyak yang keluar dari lantai kios miliknya, di Tampo Kecamatan Napabalano Kabupaten Muna, Selasa (29/8/2017) malam. (Kasman/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, RAHA – Cairan yang diduga minyak mentah menyembur dari kios milik Nur Aini warga Tampo Kecamatan Napabalo Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra).

Nur Aini yang ditemui dirumahnya mengatakan, semburan cairan yang diduga minyak mentah itu ia temukan dua hari lalu di kiosnya. Saat itu ia mendapati cairan keluar dari celah lantai kios yang berada di depan rumahnya itu.

“Kita sudah pel itu lantai sampai kering tapi tidak lama kemudian basah lagi itu lantai,” kata Nur Aini saat di temui di kiosnya, Selasa (29/8/2017) malam.

Aini melanjutkan jika cairan yang keluar dari celah lantai kiosnya merupakan minyak mentah karena aroma cairan yang keluar dari celah ubin kiosnya berbau minyak tanah yang di oplos dengan solar. Keyakinan itupun semakin kuat tatkala warga menyulut cairan dengan api. Seketika cairan terbakar .

Warga Tampo Temukan Cairan Mirip Minyak Mentah“Warga mengambil minyak itu dan kemudian membakarnya. Pada saat di bakar memang terbakar dan asap api itu berwarna hitam seperti ban yang dibakar,” tuturnya.

Penemuan dugaan minyak mentah di kios milik Nur Aini cepat menyebar. Rumah Aini kini dipadati warga yang penasaran dengan peristiwa langka itu. Warga berbondong-bondong ke rumah Aini untuk melihat langsung jika cairan tersebut minyak mentah asli atau bukan.

Menurut Aini dugaan penemuan minyak mentah di kiosnya juga sudah dia laporkan ke pihak kepolisian dan Pertamina setempat. Harapanya Pertamina bisa mengecek kebenaran jika cairan tersebut merupakan minyak mentah.

“Saya juga sudah memberitahukan kepada pihak Kepolisian dan Pertamina yang ada di Tampo sini, dan mereka juga sudah mengambil minyak itu di botol sebagai contoh dan akan dicaritahu keaslian dari minyak itu,” tambahnya.

Salah seorang warga Tampo La Pinusu menuturkan dahulu sekitar tahun 80-an di Tampo ada penelitian yang menyatakan jika di sekitar Tampo memiliki potensi sumber daya alam berupa minyak bumi dan ada gas, hanya saja belum bisa dikelola karena masih dalam kategori mentah.

“Sudah lamami saya dengar itu, waktu saya masih kecil sudah dengar kalau di sini (Tampo) berpotensi daerah minyak atau gas. Malah juga ada perusahaan Konoko sudah mematok tiga titik dan salah satunya di daerah yang ditemukan saat ini,” ucapnya.

La Pinusu pun berharap hasil pengecekan cairan di kios milik Aini, benar merupakan minyak bumi. Jika hal itu terbukti maka akan memberikan keuntungan bagi warga di Muna khususnya warga Tampo. (C)

 

Reporter : Kasman
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com