iklan zonasultra

Waspada! BMKG: Wilayah Kolaka Lebih Awal Diguyur Hujan

Waspada! BMKG: Wilayah Kolaka Lebih Awal Diguyur Hujan
Kolaka (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini kepada masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) mengenai peningkatan curah hujan. Terutama Kabupaten Kolaka yang menjadi wilayah yang diprediksi akan diguyur hujan lebih awal dibanding wilayah kabupaten/kota yang ada di Sultra.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Adi Istiyono mengatakan, hal tersebut dikarenakan saat ini arah angin bertiup dari utara berbelok ke arah barat membawa massa udara basah. Sementara Kolaka merupakan wilayah Barat dari Sultra, sehingga dibanding Kota Kendari musim penghujan akan lebih dulu terjadi di wilayah tersebut.

Belum lagi kata dia, dari pantauan citra satelit diprediksi mulai November, Desember dan Januari 2021 kondisi moderat la nina yang merupakan fenomena perubahan suhu muka laut yang mendingin di bawah 0,5 derajat celcius. Sehingga kondisi ini membawa massa udara basah dari laut pasifik menuju Indonesia. Belum lagi terjadi anomali cuaca yang meningkatkan pertumbuhan massa udara basah pembentuk awan hujan semakin meningkat.

Kemudian, BMKG memprediksi terjadinya La Nina Moderat sampai dengan periode Juli 2021. Pada periode Desember 2020 hingga Maret 2021, kondisi suhu permukaan laut sebagian besar wilayah Indonesia bagian timur diperkirakan didominasi anomali positif (lebih hangat dari normalnya) hingga normal. Sementara itu pada April hingga Mei 2021 nilai anomali suhu muka laut di wilayah Indonesia diperkirakan cenderung normal. Pada periode Februari hingga Mei 2021, kondisi suhu permukaan laut di wilayah Indonesia bagian barat diperkirakan cenderung normal.

Selain itu, BMKG juga memberikan peringatan dini cuaca Provinsi Sultra tanggal 19 November 2020 pukul 13:40 WITA bahwa berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada pukul 14:10 WITA di wilayah Kabupaten Buton Tengah (Buteng): Mawasangka Timur, Lakudo, Mawasangka Tengah, Konawe Selatan (Konsel) Kolono, Wolasi, Laeya, Tinanggea, Lalembuu, Kolaka Timur (Koltim) Lambandia, Lalolae, Tirawuta, Tinondo, Kolaka Samaturu, Konawe Utara (Konut) Wiwirano, Oheo dan sekitarnya.

Ini juga dapat meluas ke ke wilayah lainnya Kota Bau Bau: Lea-Lea, Bungi, Kokalukuna, Wolio, Murhum, Batupoaro, Betoambari, Sorawolio, Konawe Routa.

 


Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib