Honda

Waspada, Gelombang di Perairan Sultra Diprediksi Capai Empat Meter

ombak, gelombang tinggi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sultra kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter yang bisa saja terjadi besok, Sabtu (1/6/2019).Berdasarkan rilis resminya, BMKG menyebutkan peringatan ini berlaku mulai pukul 08.00 WITA hingga 20.00 WITA.

Gelombang dengan ketinggian lebih dari 1,25 hingga 2,5 meter diprakirakan terjadi di wilayah Perairan Baubau, Perairan Manui-Kendari, Teluk Tolo, Perairan Kepulauan Banggai dan Perairan Kepulauan Sula.

Baca Juga : Penyebab Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Sultra

iklan zonasultra

Sedangkan gelombang dengan tinggi lebih dari 2,5 meter hingga 4 meter diprakirakan terjadi di wilayah Perairan Kepulauan Wakatobi dan Laut Banda Timur Sultra.

Peringatan ini menjadi perhatian reskio tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Baca Juga : Gelombang 4 Meter Berpotensi di Perairan Wakatobi dan Manui-Kendari

Ini juga berlaku bagi kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (*)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib