iklan zonasultra

Waspada Gelombang Tinggi, Nelayan di Muna Diimbau Tunda Melaut

Waspada, Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sultra
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Sudah sepekan ini angin kencang sering terjadi di wilayah kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Angin Kencang itu, juga menyebabkan gelombang tinggi di perairan Buton.

Bahkan beberapa waktu lalu, angin Kencang juga memporak porandakan sejumlah kapal yang berlabuh di pelabuhan Maligano, kecamatan Maligano, Muna.

“Satu unit Speed Boat tenggelam dihantam ombak saat berlabuh dipelabuhan Maligano,” terang Juma salah satu warga Maligano, Jumat (25/1/2019).

iklan zonasultra

Selain speedboat, angin kencang yang disertai gelombang juga menghancurkan kapal kayu milik warga setempat.

Baca Juga : Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Sultra Diprediksi Hingga Akhir Januari

Olehnya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau sejumlah nelayan di Muna menunda sementara melaut karena angin kencang dan gelombang tinggi yang terjadi beberapa pekan terakhir.

“Angin kencang dan gelombang tinggi itu, sering terjadi usai ba’da Zhuhur. Kadang tiba tiba datangnya. Jadi saya himbau nelayan untuk tunda dulu melaut hingga kondisi cuaca membaik,” terangnya.

Selain nelayan, dirinya juga menghimbau masyarakat kabupaten Muna untuk mengantisipasi pohon tumbang jika terjadi angin kencang.

“Kalau bisa pohon pohon tinggi yang berada di wilayah pemukiman ditebang jangan sampai menimpa rumah warga,” jelasnya.

Sementara itu, data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra, warga diminta waspada atas gelombang tinggi dan hujan lebat yang diprediksi masih akan berlangsung hingga akhir Januari 2019 mendatang.

Potensi tersebut terjadi diwilayah Sultra seperti di Buton Selatan, Baubau, Buton, Wakatobi, dan Kabaena, serta Konawe Utara, Konawe Selatan, Kendari, Konawe Kepulauan, dan Kolaka Utara. (a)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib