Honda

Waspada, Kolut Berpotensi Dilanda Hujan Intensitas Tinggi, Kendari Menengah

Waspada, Kolut Berpotensi Dilanda Hujan Intensitas Tinggi, Kendari Menengah

ZONASULTRA.COM, KENDARI  – Sebagian wilayah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) berpotensi dilanda hujan dengan intensitas tinggi 151-200 mm pada bulan Mei mendatang. Hal itu Berdasarkan rilis resmi prediksi cuaca Sulawesi Tenggara (Sultra) dari Stasiun Klimatologi Ranomeeto BMKG Sultra.

Kepala BMKG Klimatologi Ranomeeto BMKG Sultra, Aris Yunatas mengatakan, secara umum wilayah Bumi Anoa akan dilanda hujan dengan intensitas sedang.

Kemudian, diprediksi pula wilayah Sultra masih didominasi angin timuran (monsun timuran) yang sifatnya agak kering.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Berpotensi Terjadi Dua Hari ke Depan)

Namun untuk Kabupaten Kolut terdapat gunung yang membentang dan memblok massa udara dari angin timuran tersebut. Sehingga massa udara itu terkumpul di sekitar gunung yang pada akhrinya menyebabkan peningkatan potensi pembentukan awan-awan hujan.

“Kendari sendiri diprediksi curah hujan pada Mei 2019 dalam kategori menengah 51-105 mm,” ungkap Aris.

Selain itu wilayah lain yang berpotensi dilanda hujan kategori menengah antara lain Konawe, Konawe Utara (Konut), Konawe Selatan (Konsel), Kolaka, Kolaka Timur (Koltim), Bombana, Konawe Kepulauan (Konkep), Kota Kendari, Muna, Muna Barat (Mubar), Buton, Buton Utara (Butur), Baubau dan Wakatobi.

Sedangkan wilayah lainnya diprediksi mengalami hujan dengan intensitas rendah 0-51 mm.

“Ini berlangsung selama satu bulan, jadi kami mengharapkan masyarakat bisa tetap mewaspadai kondisi ini,” pungkasnya. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib