Tampilan Desktop



Wujudkan Kendari Kota Teduh, Pemkot Galakkan Gerakan Penanaman Pohon
115 Dibaca

Wujudkan Kendari Kota Teduh, Pemkot Galakkan Gerakan Penanaman Pohon

PENANAMAN POHON – Pemerintah Kota Kendari yang di wakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Alamsyah saat melakukan penanaman pohon di sekitar ruas Jalan Boulevard, Jumat (9/12/2016) pagi tadi. (KASMAN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari terus giat melakukan gerakan penghijauan untuk mewujudkan Kota Kendari sebagai kota teduh. Kali ini Pemkot Kendari melakukan penanaman pohon di sekitar ruas Jalan Boulevard, Jumat (9/12/2016).

Sekda Kota Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan, gerakan penamanam pohon yang dikemas dalam sebuah program penataan lingkungan sehat berbasis masyarakat dapat mewujudkan konsep pembangunan Kota Kendari yang sangat baik.

Selanjutnya, dengan kegiatan ini pemkot ingin mewujudkan Kota Kendari yang mempunyai lingkungan yang berkualitas sebagai kota dalam taman yang bertaqwa, maju, demokratis dan sejahtera.

Dia menambahkan, penanaman pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global dengan kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab terjadinya pemanasan global. Pohon lah yang menyerap karbon dan polusi dari udara ini.

“Kegiatan hari ini adalah sebuah gerakan, tetapi yang paling hakiki pemkot ingin menciptakan Kendari ini sebagai kota yang lestari, nyaman, indah dan teduh,” ujar Alamsyah.

Menurutnya, pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik dari akar, batang maupun daun dan buahnya. Makanya pihaknya menginisiasi adanya penanaman pohon agar gas buangan dari asap kendaraan dan pabrik tidak mencemari wilayah di sekitar Kota Kendari.

Untuk jenis pohon yang ditanam adalah pohon Trembesi yang memiliki daya serap air yang tinggi sehingga dapat berperan sebagai penahan longsor. “Kalau jumlah pohon yang kita tanam ini semakin banyak, semakin banyak pula kadar oksigen yang dihasilkan,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada 2025 mendatang, Pemkot Kendari menargetkan sudah menciptakan keteduhan 75 persen. Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada seluruh warga kota untuk bersama-sama menanam pohon, baik itu secara individu, kelompok maupun yang lebih besar lagi.

Peserta yang ikut dalam kegiatan penanaman pohon ini melibatkan Badan Lingkungan Hidup Kota Kendari, TNI, camat, lurah, guru dan siswa SMPN 15 Kota Kendari. (B)

 

Reporter: Kasman
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com