Wujudkan Masyarakat yang Sehat, Mahasiswa Poltekkes Kendari Gelar Pemeriksaan Gratis di Pesisir Soropia

3
Wujudkan Masyarakat yang Sehat, Mahasiswa Poltekkes Kendari Gelar Pengobatan Gratis di Pesisir Soropia
PENGOBATAN GRATIS - Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kendari yang terdiri atas mahasiswa jurusan keperawatan dan jurusan analisis kesehatan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Samajaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Minggu (17/12/2017). (Foto : Istimewa)

Wujudkan Masyarakat yang Sehat, Mahasiswa Poltekkes Kendari Gelar Pengobatan Gratis di Pesisir Soropia PEMERIKSAAN GRATIS – Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kendari yang terdiri atas mahasiswa jurusan keperawatan dan jurusan analisis kesehatan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Samajaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Minggu (17/12/2017). (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Guna mewujudkan mas yarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sehat, mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kendari yang terdiri atas mahasiswa jurusan keperawatan dan jurusan analisis kesehatan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Samajaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Minggu (17/12/2017).

Melalui siaran pers ke redaksi zonasultra.com, Humas Poltekkes Kendari Supiati menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Poltekkes Kendari untuk mewujudkan masyarakat pesisir yang sehat, untuk Indonesia yang lebih sehat dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi. Untuk mewujudkan itu, maka HMJ Analisis Kesehatan dan HMJ Keperawatan Poltekkes menggambarkan dengan pemeriksaan kesehatan,” kata Supiati, Selasa (19/12/2017).

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sendiri ialah pemeriksaan tanda-tanda vital (tekanan darah, suhu, nadi, dan pernafasan), pengukuran tinggi badan, berat badan, dan kadar masa lemak tubuh. Pengukuran ini dilkukan untuk mengetahui Indeks Masa Tubuh (IMT).

Pengukuran ini lanjutnya, dilakukan karena adanya hubungan pengaruh antara IMT dengan masa lemak tubuh dengan resiko terjadinya penyakit diabetes dan pengkajian keluhan kesehatan dari masyarakat.

“Kegiatan juga dilanjutkan dengan home visit ke rumah lansia untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah, asam urat, serta golongn darah,” kata dia.

Selain sebagai bentuk pengabdian, kegiatan ini juga bertujuan membentuk kepribadian mahasiswa agar memiliki jiwa kepedulian terhadap masyarakat, serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan deteksi dini penyakit. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here