Tampilan Desktop



Wujudkan Program Swasembada Pangan, Pemda Konsel Bangun Irigasi
44 Dibaca

Bupati Konsel, Imran mengatakan dalam rangka percepatan pembangunan pertanian khususnya pencapaian swasembada pangan tersebut maka dibutuhkan peningkatan produksi hasil pertanian dengan tujuan mewuju

Bupati Konsel, Imran mengatakan dalam rangka percepatan pembangunan pertanian khususnya pencapaian swasembada pangan tersebut maka dibutuhkan peningkatan produksi hasil pertanian dengan tujuan mewujudkan Konsel cukup pangan. 
“Pembangunan jaringan irigasi ini karena Konsel ditantang oleh Kementeri Pertanian untuk berkontribusi pada program swasembada pangan di tiga komoditas pertanian yaitu padi, jagung dan kedelai,” kata Imran usai peletakkan batu pertama pembangunan irigasi di desa Kapujaya, Kecamatan Palangga, Senin (19/1/2015). 
Dengan kondisi tersebut, kata Imran, dibutuhkan langkah strategis. Konsel juga masih memiliki lahan tidur yang mencapai 3.026 ha yang merupakan lahan produksi. Melalui dana tugas pembantuan pihaknya akan melaksanakan optimasi lahan.
“Sebanyak 1.500 ha pengembangan jaringan irigasi, seluas 6.800 ha gerakan peningkatan tanaman terpadu padi sawah, 2.500 ha pengembangan kedelai, 4.025 ha pengembangan jagung dan 4.000 ha pengadaan Alsintan,” rincinya. 
Imran melanjutkan, melalui APBD pihaknya juga telah menganggarkan pengadaan pengembangan jaringan irigasi 13 unit atau 963 ha, penangkaran benih unggul padi sawah 50 ha dan penangkaran kedelai seluas 50 ha.
“Pada tahun 2015 konsel diberi tugas berat untuk meningkatkan produksi gabah sebesar 127.920 ton, jagung 3.458 ton dan Kedelai sebanyak 31,58 persen yang bertujuan mewujudkan swasembada pangan nasional,” katanya
Imran bahkan mengajak seluruh petani di Konsel untuk memanfaatkan kegiatan tersebut guna lebih mengoptimalkan lahan yang dikelola dan untuk seluruh petugas pertanian dan penyuluh lapangan serta seluruh babinsa agar mendampingi petani dalam pengelolaan kegiatan ini. 
“Sehingga produksi dan kesejahteraan petani meningkat seperti harapan kita semua,” tutupnya. (Efan)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com