iklan zonasultra

Yacht Ocean Quantum, Kapal Bak Hotel Mewah Bakal Hadir di Sultra

Yacht Ocean Quantum, Kapal Bak Hotel Mewah Bakal Hadir di Sultra
Yacht Ocean Quantum

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebuah kapal mewah bergaya hotel, bakal melakukan eksplorasi keindahan bawah laut di Pulau Wakatobi. Kapal bernama Yacht ‘Ocean Quantum’ itu bakal melakukan penelusuran guna membuka jalur alternatif wisata live on a board atau liveaboard baru di Indonesia bagian timur khususnya Wakatobi.

Pemilik Kapal Yacht ‘Ocean Quantum H Sularso mengungkapkan, kapal wisata miliknya itu dijadwalkan akan memulai ekspedisi pelayaran wisata perdananya pada Rabu 15 Januari 2020.

“Rencananya Rabu lusa kita sudah mulai bergerak munuju Wakatobi, mungkin satu sampai dua hari di sana sebelum ke Ambon lagi. Kenapa kita pilih Wakatobi, karena di sana punya potensi surga bawah laut, yang punya daya tarik,” terangnya saat ditemui awak media, Minggu (12/1/2020).

Baca Juga : Wisata Pulau Labengki Dilirik Investor Baru

Ia menjelaskan, potensi surga bawah laut Pulau Wakatobi serta keindahan terumbu karang dan panorama alam pulau pesisir Sultra itu bisa menjadi daya tarik bagi pelaku usaha jasa liveaboard untuk membuka trip wisata dengan gaya nomadic di Wakatobi.

Olehnya, Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Jaringan Kapal Rekreasi Indonesia (Jangkar) itu, membawa tim divemaster untuk menelusuri keindahan bawah laut Pulau Wakatobi.

Nantinya, mereka akan memetakan spot-spot kawasan dive terbaik di Pulau Wakatobi yang nantinya dapat menjadi lokasi kunjungan wisatawan nantinya.

“Di sana nanti kita akan memetakan lokasi-lokasi yang punya standar jual seperti Raja Empat, yang bagus terumbu karangnya, jenis ikannya banyak. Nanti kita akan videokan, lalu kita promosikan ke wisatawan mancanegara,” bebernya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Sultra, I Gede Panca mengaku, sangat menyambut baik dengan hadirnya kapal wisata di Sultra. Terlebih ini merupakan trobosan baik untuk memajukan pariwisata di Sultra.

“Apalagi inikan kali pertama hadir di Sultra, memang ada sebelumnya tapi itu White Manta tapi spesifikasinya berbeda. Tentu ini akan kita support, kita juga akan mendata semua spot-spot yang kita punya. Karena memang kita belum punya data real untuk keseluruhan spot yang ada,” ungkapnya.

Ia berharap, seluruh kabupaten/kota yang memiliki potensi wisata bawah laut dapat mengoptimalkan potensinya sehingga mendapat peluang persinggahan para wisatawan nantinya.

“Kita ada banyak potensi, seperti Labengki dan sebagainya. Tapi saay ini yang sudah memiliki namakan Wakatobi. Tapi tidak mungkin wisatawan hanya mau ke situ saja, sementara potensi kita lebih dari itu. Kenapa kita tidak tunjukkan semuanya. Sebab salah satu transportasi peningkatan ekonomi daerah adalah pariwisata,”kata Panca.

Ia pun berharap, dengan hadirnya Yacht ‘Ocean Quantum di Sultra dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memajukan potensi pariwisata di Sultra.

Baca Juga : Jelajah Saponda Laut, Pulau Tak Berpenduduk di Konawe

Untuk diketahui, trip wisata dengan konsep nomadic tourism yang menawarkan sensasi island hopping kini tengah populer di kalangan turis asing atau kaum jetset. Salah satunya, yakni terdapat di Labuan Bajo, liveaboard dikembangkan sejak 5-7 tahun terakhir dan berhasil menarik kunjungan wisatawan asing secara signifikan.

Kapal liveaboard didesain dengan aksitektur mewah layaknya hotel berbintang untuk menjamin kenyamanan tamu selama beberapa hari melakukan tour wisata pulau.(b)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib