Honda

Zahrir Baitul Diganti, DPP Hanura Tunjuk Saemuna Pimpin DPRD Muna

Zahrir Baitul Diganti, DPP Hanura Tunjuk Saemuna Pimpin DPRD Muna
SK - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Muna, La Saemuna (kedua dari kiri) saat memperlihatkan Surat Keputusan (SK) dari DPP Hanura terkait pengangkatan dirinya sebagai Ketua DPRD Muna periode 2019-2024. SK ini diserahkan langsung oleh Ketua DPP Hanura Oesman Sapta Odang di Kantor DPP Hanura, Jakarta, Jumat (4/10/2019). (Foto: Irwan For ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Surat keputusan (SK) pengangkatan Zahrir Baitul sebagai Ketua DPRD Muna periode 2019-2024 yang dikeluarkan pada 9 September lalu dibatalkan oleh Ketua DPP Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). Sebagai pengantinya, DPP Hanura menunjuk La Saemuna.

Saemuna sendiri merupakan anggota DPRD Muna periode 2014-2019. Ia juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Muna.

Wakil Ketua DPC Hanura Muna, Irwan membenarkan penunjukkan Saemuna sebagai Ketua DPRD Muna. Kata dia, SK pengangkatan Saemuna diteken langsung Ketua DPP Hanura OSO dan Sekretaris Jenderal Herry Lontung Siregar pada 25 September lalu.

iklan zonasultra

“Iya benar DPP menunjuk La Saemuna sebagai Ketua DPRD Muna sesuai dengan SK Nomor: SKEP/337/DPP-HANURA/IX/2019. Tadi SK-nya diserahkan langsung kepada La Saemuna oleh Ketua DPP. Kebetulan saya ikut mendampingi,” kata Irwan melalui sambungan telepon selulernya, Jumat (4/10/2019) malam.

(Baca Juga : Hanura Tunjuk Zahrir Baitul Jadi Ketua DPRD Muna)

Anggota Komisi I DPRD Muna ini mengatakan, dasar pembatalan SK pengangkatan Zahrir Baitul oleh DPP karena mengingat anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) serta aturan organisasi Partai Hanura.

Dikatakan, keputusan DPP Hanura perihal pengangkatan La Saemuna sebagai Ketua DPRD Muna akan langsung ditembuskan ke sekretariat DPRD setempat pada Senin, 7 Oktober 2019.

Irwan juga mengungkapkan, pengangkatan La Saemuna sebagai Ketua DPRD Muna sudah diketahui oleh Zahrir Baitul. Kata Irwan, Zahrir legowo dengan keputusan DPP terkait perubahan rekomendasi itu.

“Sudah tau, karena beliau (Zahrir Baitul) sudah telepon saya dan mengatakan bahwa beliau legowo dan menerima,” ujarnya.

Sementara Ketua DPD Hanura Sulawesi Tenggara (Sultra) Wa Ode Nurhayati belum mengetahui perubahan rekomendasi pengangkatan Ketua DPRD Muna yang diterbitkan DPP dari Zahrir Baitul ke La Saemuna.

(Baca Juga : Ditunjuk Pimpin DPRD Muna, Zahrir Baitul Diminta Besarkan Partai Hanura)

“Saya belum melihat bentuk fisiknya. Saya mengetahui adanya perubahan itu dari status netizen di Facebook,” kata Wa Ode Nurhayati melalui pesan WhatsApp-nya, Jumat (4/10/2019) malam.

Sebelumnya, DPP Hanura menunjuk Zahrir Baitul sebagai Ketua DPRD Muna melalui SK DPP yang dikeluarkan pada 9 September. Bahkan SK dari DPP ini diserahkan langsung Ketua DPD Hanura Sultra, Wa Ode Nurhayati kepada Zahrir di Kantor DPD Hanura, Kamis (19/9/2019).

Hanura berhak atas kursi Ketua DPRD Muna periode 2019-2024 karena berhasil menjadi pemenang dengan mendapatkan 5 kursi dari jumlah 30 kursi di DPRD Muna pada Pemilu 2019 lalu. (a)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib