Tampilan Desktop



Zainal dan Rosniawanti Terpilih Jadi Ketua dan Sekretaris AJI Kendari
131 Dibaca

Zainal dan Rosniawanti Terpilih Jadi Ketua dan Sekretaris AJI Kendari

AJI KENDARI – Ketua AJI Kendari Zainal A. Ishaq dan Sekretaris Rosniawanti Fikri Tahir (kanan). Keduanya terpilih melalui Konferensi Kota ke-VIII di Hotel Athaya Kendari, Sabtu (4/2/2017). (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Zainal A. Ishaq terpilih kembali sebagai Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari. Sementara Rosniawanti Fikri Tahir terpilih sebagai sekretaris. Keduanya terpilih melalui Konferensi Kota (Konferta) ke-VIII di Hotel Athaya Kendari, Sabtu (4/2/2017).

Zainal mengatakan tantangan AJI Kendari kedepan masih seputar independensi, profesionalisme, dan etik. Dengan tumbuh pesatnya media online saat ini maka persoalannya adalah trust (kepercayaan) yang harus dijaga dengan baik oleh jurnalis dan perusahaan media.

“Kalau trust ini tidak dijaga maka boleh jadi dunia jurnalisme akan ditinggalkan dan justru orang akan lebih memilih media social (facebook, twitter, instagram, dan lainnya),” kata Zainal yang sebelumnya sukses memimpin AJI Kendari satu periode (3 tahun).

Di tempat yang sama, Rosniawanti mengatakan AJI Kendari masih memiliki beberapa pekerjaan rumah, utamanya terkait penguatan kapasitas jurnalis. Selain itu persoalan utama yang dihadapi adalah advokasi, etika jurnalistik dan kesejahtraan para jurnalis.

Di Kota Kendari, anggota AJI yang terverifikasi dan melakukan kegiatan jurnalistik, saat ini jumlahnya cukup besar yang mencapai 57 orang. Kata Rosniawanti, Aji Kendari merupakan salah satu AJI dengan jumlah anggota terbanyak di Indonesia.

“Ke depan pertumbuhan media semakin masif. Kalau ditarik garis lurusnya maka akan mempengaruhi nanti seberapa banyak jumlah jurnalis. Diharapkan meningkatnya kuantitas juga sejalan dengan kesejahteraan, bukan hanya sekesar bekerja dan digaji dengan nominal yang mensejahterakan teman-teman,” ujar Rosniawanti. (B)

 

Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Rustam

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com