iklan zonasultra

Zonasultra.com Raih Juara II Penggunaan Bahasa Media Siber

Zonasultra.com Raih Juara II Penggunaan Bahasa Media Siber
PENGHARGAAN - Media dalam jaringan (daring) Sulawesi Tenggara (Sultra) Zonasultra.com dinobatkan sebagai juara II dalam kegiatan Wajah Bahasa Media Massa Daring yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Sultra. (Fadli Aksar/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Media dalam jaringan (daring) Sulawesi Tenggara (Sultra) Zonasultra.com dinobatkan sebagai juara II dalam kegiatan Wajah Bahasa Media Massa Daring yang diselenggarakan Kantor Bahasa Provinsi Sultra.

Pengumuman dan penyerahan hadiah dilakukan di Aula Kandai Kantor Bahasa Provinsi Sultra, Sabtu (31/10/2020). Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Sultra, Herawati.

Iklan Zonasultra

Herawati mengatakan penilaian penggunaan bahasa yang baik dan benar ini dilakukan mulai medio Agustus. Penilaian dilakukan terhadap tiga ranah yakni lembaga pemerintah dengan mengambil wajah sekolah, swasta dengan fasilitas pelayanan kesehatan swasta dan ranah media massa.

Untuk media massa sendiri, Kantor Bahasa Sultra sengaja menentukan media digital yakni media dalam jaringan untuk dilakukan penilaian. Ketiga ranah tersebut merupakan sarana yang mudah dilihat publik.

Zonasultra.com Raih Juara II Penggunaan Bahasa Media Siber

“Tujuannya untuk tingkat keterkendalian penggunaan bahasa Indonesia di ranah publik terutama di tiga ranah itu, karena ranah ini merupakan sarana penyampai informasi yang paling efektif, yang bisa dilihat dan ditiru masyarakat,” kata Herawati.

Herawati menegaskan, perlunya melihat keterkendalian penggunaan bahasa Indonesia, sebab hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 tahun 2009 mengenai Bendera, Bahasa dan Lambang Negara. Bahwa bahasa Indonesia yang baik dan benar harus digunakan dalam ranah resmi.

Herawati menguraikan, indikator penilaian di antaranya aspek kebahasaan, penggunaan bahasa, ketepatan penggunaan huruf kapital, ketepatan kaidah ejaan. Itulah yang dijadikan salah satu indikator penilaian.

“Untuk media digital, bukan hanya satu hari yang kami lihat pemberitahuannya, tapi itu secara rutin. Kegiatan ini setiap tahun dilakukan dan rutin melakukan pemantauan penggunaan bahasa,” pungkasnya.

Peraih penghargaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di media massa dalam jaringan antara lain Lenterasultra.com, sebagai pemenang pertama. Selanjutnya berturut-turut Zonasultra.com, Detiksultra.com, Inilahsultra.com, dan Panjikendari.com. (b)

 


Reporter: Fadli Aksar
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib