Tampilan Desktop



1.666 Maba Ikut Orientasi PENA, Azhari: Kuliah di USN Adalah Pilihan Tepat
88 Dibaca

1.666 Maba Ikut Orientasi PENA, Azhari: Kuliah di USN Adalah Pilihan Tepat PENA USN – Sebanyak 1.666 orang Mahasiswa Baru mengiktui orientasi Pekan Pembentukan Insan Akademis (PENA) Mahasiswa Baru (Maba) di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Selasa (5/9/2017). Kegiatan itu dilaksanakan di gedung Islamic Centre Kolaka. (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 1.666 orang Mahasiswa Baru mengiktui orientasi Pekan Pembentukan Insan Akademis (PENA) Mahasiswa Baru (Maba) di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Selasa (5/9/2017).

Kegiatan yang digelar di Gedung Islamic Center Kolaka tersebut dibuka oleh Rektor USN Kolaka Azhari dan juga dihadiri oleh para pejabat USN serta tokoh masayarakat, seperti Harun Rahim yang juga orangtua salah satu maba USN Kolaka.

Ketua Panitia PENA USN Kolaka Nur Ihsan mengungkapkan, seleksi kegiatan PENA diikuti oleh Maba yang telah lulus seleksi melalui tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Plt Biro Akademik, Mahasiswa, Perencanaan dan kerjasama USN Kolaka tersebut mengungkapkan, 1.666 maba itu tersebar di 21 program studi (prodi). Namun kata dia, ada beberapa prodi baru yang masih belum memenuhi kuota seperti Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Kimia dan Prodi Akuntansi.

“Salah satu penyebab belum terpenuhinya kuota pada prodi tersebut yaitu karena penerimaan maba pada prodi tersebut hanya melalui jalur mandiri. Sehingga kuota yang kami sediakan belum terpenuhi karena penerimaan mahasiswanya tidak melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Namun secara umum penerimaan maba pada setiap prodi tergolong stabil,” katanya.

Ihsan menuturkan, pelaksanaan orientasi kampus maba akan digelar selama empat hari yaitu pada 5-8 September. “Dua hari pertama itu akan dilaksanakan oleh panitia universitas, setelah itu maba akan diserahkan ke fakultas melalui dekan masing-masing untuk diperkenalkan program-program yang ada di fakultas dan prodi masing-masing,” tuturnya.

1.666 Maba Ikut Orientasi PENA, Azhari: Kuliah di USN Adalah Pilihan Tepat Rektor USN Kolaka, Azhari membuka pelaksanaan orientasi PENA yang diikuti oleh 1.666 Maba di gedung Islamic Centre Kolaka.

 

Sementara itu, Rektor USN Kolaka Azhari dalam sambutan menyatakan , melanjutkan pendidikan tinggi di USN adalah pilihan yang tepat, sebab standar pelayanan perkuliahan USN dengan kampus negeri lainnya di Indonesia tidak berbeda.

“Sama saja jika kuliah di kampus negeri lainnya. Standar yang diterapkan di kampus lain juga diterapkan di USN, termasuk jika berbicara tentang fasilitas atau sarana, tidak lama lagi USN akan memiliki hal serupa,” tegasnya.

Ditambahkan Azhari, dalam usianya yang masih sangat muda sebagai perguruan tinggi negeri, USN justru telah melakukan banyak hal dibidang pengembangan akademik maupun penyediaan sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Sebagai contoh, di kampus baru Tanggetada saat ini tengah dibangun berbagai sarana penunjang perkuliahan yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh semua mahasiswa USN dalam waktu dekat.

“Arahnya jelas, nantinya USN akan menjadi kampus modern dengan fasilitas berbasis cyber dimana aktivitas kantor dan pelayanan mahasiswa, hingga perkuliahan dan akses data dilakukan dengan layanan berbasis IT,” tambah Azhari.

Dengan sistem pengolahan data berbasis cyber lanjut Ashari, maka nantinya perkembangan akademik setiap mahasiswa USN akan terpantau secara paripurna.

“Itu karena teknologi kita dapat memantau berbagai hal termasuk mendeteksi adanya upaya plagiat atau menciplak sebuah karya ilmiah seperti skripsi atau hak cipta lainnya yang selama ini menyebabkan generasi kita tidak maju di bidang riset,” lanjutnya.

Khusus sarana pendukung, di kampus baru Tanggetada lanjut Azhari dalam waktu dekat sudah akan dituntaskan pembangunan beberapa gedung perkuliahan, rektorat dan auditorium.

“Intinya dengan semua yang dimiliki kampus ini nantinya akan semakin membuktikan bahwa kalian tidak salah memilih kalian di USN,” tandasnya. (*)

 

Penulis : Abdul Saban

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free