Tampilan Desktop



10 Tempat Diving Terbaik Asia, 4 Ada di Indonesia
165 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Tidak berlebihan jika para pencinta diving menjadikan spot-spot di Indonesia sebagai surga untuk menyalurkan hobinya. Sebab, Indonesia memang memiliki banyak tempat diving yang bisa memanjakan para diver.

Jurus Fam Trip Bakal Goda Diving Operator dan Media Malaysia dan Singapura

Ilustrasi

Keindahan tempat-tempat diving di Indonesia juga sudah diakui media-media mancanegara. Pada 12 Juli lalu, CNN merilis sepuluh tempat diving terbaik di Asia. Hasilnya, empat di antaranya berada di Indonesia.

Yakni, Derawan di Kalimantan Timur, Raja Ampat (Papua Barat), Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur), dan Tulamben (Bali). Sedangkan enam tempat lainnya berada di negara-negara berbeda. Enam spot itu adalah Pulau Sipadan di Malaysia, Similan Islands (Thailand), Mergui Archipelago (Myanmar), Andaman Islands (India), Kerama Islands (Jepang), dan Tubbataha Reef National Marine Park (Filipina).

Dalam ulasannya, CNN menyebut ubur-ubur tak menyengat yang ada di Derawan sebagai salah satu atraksi paling memukau. “Sangat cantik. Sama sekali tidak menyakitkan,” demikian tulis CNN.

CNN juga membahas kecantikan Raja Ampat. Menurut CNN, Raja Ampat memiliki keragaman terumbu karang dan karang terindah di bumi.
Keindahan Raja Ampat juga diakui The Nature Conservancy yang dinukil oleh CNN.

“Sebanyak 537 jenis karang dan 1.074 spesies ikan yang luar biasa bisa ditemukan di sana,” imbuh CNN mengutip ulasan The Nature Conservancy.

Sementara itu, CNN menyebut Pulau Komodo sebagai tempat terbaik bagi divers yang sudah jagoan. Dengan ombak yang kuat dan kedalaman mencapai 40 meter, Pulau Komodo sangat cocok bagi penyelam-penyelam jempolan.

Tak hanya itu, CNN juga menggambarkan kehidupan bawah laut Pulau Komodo yang sangat cantik. Misalnya, keberadaan lumba-lumba, kuda laut kerdil, dan gurita biru.
“Ragam kehidupan itu membuat Pulau Komodo menjadi salah satu menjadi tempat menyelam paling beragam dan terindah di dunia,” tambah ulasan CNN.

Bagaimana dengan Tulamben? CNN menyebut Tulamben sebagai salah satu tempat diving paling populer. CNN juga membahas tentang kapal Amerika Serikat (AS) USAT Liberty yang ditenggelamkan torpedo Jepang pada Perang Dunia II silam.

(Baca Juga : Kemenpar Siap Dongkrak SDM Pariwisata di Wakatobi)

“Saat ini, bangkai kapal sepanjang 120 meter itu menjadi rumah bagi beragam spesies ikan,” tulis CNN.

Menpar Arief Yahya menghargai pemeringkatan yang dilakukan oleh CNN itu. Dia berterima kasih 4 destinasi sudah masuk dalam merilis sepuluh tempat diving terbaik di Asia. “Masih banyak destinasi underwater yang belum tercover oleh CNN,” kata Arief Yahya.

Masih ada, lanjut dia, Wakatobi Sultra, Morotai Maltara, Banda Maluku, Bunaken dan Selat Lembeh Sulut, Gili Gili di Lombok, Karimunjawa Jateng, Anambas Kepri, Mandeh Sumbar, Belitung Babel, Tanjung Lesung Banten, dan masih banyak lagi. “Ratusan spot untuk diving di Indonesia, karena itu kami pede, Indonesia masih terbaik untuk wisata bawah laut,” jelas Arief Yahya. (*)

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free