Tampilan Desktop

142 Siswa SMAN 4 Kendari Tembus 16 PTN Ternama
227 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat serentak diumumkan hari ini, Jumat (15/5/2015). Di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejumlah sekolah menyatakan siswanya lulus 100 persen. SMAN 4 Kendari adalah salah satu sekolah yang tingkat kelulusannya mencapai 100 persen. Dari total 415 peserta ujian semuanya dinyatakan lulus. 

Kepala Sekolah SMAN 4 Kendari Tenggarudin mengatakan, seperti tahun sebelumnya, tahun ini seluruh anak didiknya juga kembali lulus 100 persen. Penilaian yang dilakukan oleh para guru juga dinilai sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. “Alhamdulillah dari 415 peserta UN semuanya lulus. Pihak guru juga sudah melakukan penilaian dengan profesional,” kata Tenggarudin ditemui usai pengumuman kelulusan anak didiknya, Jumat (15/5/2015) siang.

Namun, ada satu hal yang membuat dirinya merasa bangga dengan anak-anak didiknya tersebut. Dari 415 peserta ujian, 142 diantaranya berhasil tercover di 16 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Lulus seratus persen itu saya kira sudah biasa, tapi yang tidak biasa itu jika anak-anak didik kita itu bisa tercover di PTN-PTN ternama. Tidak gampang masuk di ITB, tidak gampang masuk di UGM. Ini yang membuat kami bangga, ternyata anak-anak kami juga bisa bersaing dengan anak-anak dari daerah lain,” ungkap Tenggarudin.

Adapun 16 PTN tersebut adalah Institut Pertanian Bogor sebanyak 2 orang, Institut Teknologi Bandung sebanyak 1 orang, Universitas Brawijaya sebanyak 5 orang, Universitas Diponegoro sebanyak 2 orang, Universitas Gajah Mada sebanyak 11 orang dan Universitas Hasanuddin sebanyak 5 orang.

Selanjutnya Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar sebanyak 1 orang, Universitas Jenderal Sudirman sebanyak 1 orang, Universitas Negeri Malang sebanyak 3 orang, Universitas Negeri Jakarta sebanyak 1 orang, Universitas Sam Ratulangi sebanyak 1 orang, Universitas Sebelas Maret sebanyak 1 orang, Universitas Sriwijaya sebanyak 2 orang, Universitas Udayana Bali sebanyak 3 orang, Universitas Islam Negeri Jakarta sebanyak 1 orang dan Universitas Halu Oleo Kendari sebanyak 102 orang. 

Jumlah PTN yang menerima siswanya, menurut Tenggarudin terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2013 lalu hanya ada 9 PTN kemudian meningkat menjadi 11 PTN pada 2014 lalu. Dan tahun ini kembali meningkat menjadi 16 PTN.

“Kami berharap tahun depan jumlah PTN ini akan kembali meningkat,” kata Tenggarudin. (Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com