Tampilan Desktop


15.340 Orang Mudik Melalui Pelabuhan Kendari
144 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hingga H-1 Lebaran atau Kamis (16/7/2015), Pelabuhan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) masih dipadati pemudik yang akan pulang berlebaran bersama keluarga di kampung masing-masing. Khusus Pelabuhan Nusantara Kendari, sekitar 1.700 pemudik tujuan Raha dan juga Baubau berangkat dari pelabuhan kapal cepat ini.

Berdasarkan data dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari, angka keberangkatan pemudik mulai H-15 sampai H-2 atau Rabu (15/7/2015) kemarin di tiga pelabuhan yaitu Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Pangkalan Perahu dan Pelabuhan Ferry tercatat sekitar 8.088 orang untuk penumpang turun dan 15.340 orang untuk penumpang naik.

Penanggung Jawab Posko Angkutan Lebaran KSOP Kendari Patahuddin Rombo mengatakan, dibandingkan periode mudik tahun lalu, jumlah pemudik tahun ini sedikit berkurang. Tahun lalu jumlah pemudik mencapai 27. 000 orang untuk penumpang naik dan 22.000 orang untuk penumpang turun.

“Data hari ini belum kita kumpulkan karena masih menunggu satu lagi kapal malam tujuan Raha yang akan berangkat nanti malam. Namun dari data yang terkumpul sekarang jumlah pemudik tahun lalu memang masih lebih banyak dibandingkan dengan tahun ini,” kata Patahuddin ditemui di Pelabuhan Nusantara Kendari, Kamis (16/7/2015).

Lanjutnya, kepadatan pemudik, baik penumpang turun maupun penumpang naik mulai terlihat pada H-6 atau Sabtu (11/7/2015). Jumlahnya pun terus meningkat hingga mencapai 2.429 orang pada H-2.

Pihaknya juga mengklaim mudik tahun ini berjalan dengan lancar, aman dan tanpa kendala yang berarti.

Untuk mudik Lebaran 1436 H tahun ini, ada beberapa armada yang beroperasi melayani para pemudik seperti Express Bahari dan Ekspress Cantika tujuan Raha dan Baubau, KMP Ariwangin dan KM Wawonia tujuan Wawonii, KM Aksar Saputra dan KM Uki Raya tujuan Raha, Sagori Ekspress tujuan Raha serta satu kapal milik PT Pelni, Tilongkabila.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com