Tampilan Desktop


15 Obat Tradisional Alami Untuk Menghilangkan Jerawat
124 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Bagi kebanyakan orang, jerawat merupakan salah satu penyakit wajah yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.  ketika sedang berada ditengah keramaian baik sedang bersama keluarga, teman dekat, sahabat apalagi bersama kekasih.

15 Obat Tradisional Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

Ilustrasi

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat ? Berikut penjelasannya dengan menggunakan obat-obatan alami yang merupakan bahan-bahan tradisional dari alam merupakan cara terbaik yang bisa Anda coba.

Selain itu bahan alami lebih mudah didapatkan dan lebih murah jika dibandingkan dengan obat kimia.

1. Stroberi dan Madu

Buah stroberi memiliki kandungan kadar asam salisilat tinggi yang dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Asam ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menetralisir bakteri sehingga tak menyebabkan infeksi.

Cara pemakaian: Bersihkan wajah lebih  dahulu menggunakan air bersih kemudian keringkan dengan handuk. Campurkan 3 buah stroberi yang telah dihancurkan dengan 2 sendok makan madu hingga merata. Lalu pada wajah hingga merata selama kurang lebih 20 menit lalu bersihkan dengan air bersih setelahnya.

2.  Madu dan Susu/Yogurt

Susu dan yogurt memiliki khasiat yang bagus untuk kulit.
Cara pemakaian: Campur 1 sendok makan susu/yogurt dengan 1 sendok makan madu kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, oleskan hingga menebal kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air bersih.

3.  Pasta Kulit Jeruk

Vitamin C pada kulit jeruk memiliki untuk meremajakan kembali sel-sel kulit yang telah mati.

Cara pemakaian: Blender kulit jeruk yang dicampur dengan sedikit air hingga lembut. Kemudian bersihkan wajah dengan air dan keringkan. Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

4.  Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam bekas jerawat.

Cara pemakaian: Pisahkan putih telur dengan kuning telurnya kemudian kocok hingga berbusa. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mengering dan diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk.

5. Cuka Apel

Cuka apel memiliki khasiat menyeimbangkan PH serta mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara pemakaian: Sebelum memakai cuka apel usahakan untuk membersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan. Kemudian oleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya bersihkan menggunakan air bersih dan gunakan pelembab jika kulit terasa kering.

6.  Lidah Buaya

Lidah buaya yang banyak dipakai untuk rambut ini ternyata juga bagus untuk mengobati jerawat membandel. Lidah buaya mempunyai sifat anti bakteri dan dapat menenangkan serta memiliki sifat anti inflamasi.

Cara Pemakaian: Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan terlebih dahulu. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya,. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat.

7.  Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang memiliki fungsi mengurangi peradangan dan mencegah munculnya nanah. Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut dan halus.

Cara pemakaian: Sediakan 1 buah pepaya kemudian tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan air secara merata. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

8. Kulit Pisang

Kulit  pisang ternyata memiliki fungsi menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung lutein sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta mendorong sel-sel baru. Dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat saja sudah bisa meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan jerawat.

9.  Kayu manis dan Madu

Dua bahan ini merupakan kombinasi obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk menyembuhkan jerawat namun untuk membunuh bakteri dan sebagai antibiotik agar jerawat tidak semakin parah akibat infeksi dari bakteri.

Cara pemakaian: Campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu hingga berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan pakai sekitar 10-15 menit.

10. Masker Baking Soda (Sodium Bicarbonat)

Baking soda atau yang memiliki nama lain sodium bicarbonat mempunyai kandungan antideptik yang dapat melawan bakteri dan jamur pada jerawat serta dapat mengeringkan minyak berlebih pada kulit. Cara pemakaian : Campurkan satu kotak baking soda dengan air hingga menjadi seperti pasta. Kemudian oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 2 menit. Diamkan terlebih dahulu selama 15-20 menit dan bilas setelahnya menggunakan air bersih.

11. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh dapat melarutkan sebun dan sel-sel kulit mati yang dapat mencegah terjadinya infeksi di bagian bawah permukaan kulit serta mencegah terjadinya infeksi. Cara pemakaian: Encerkan minyak pohon teh dengan cara mencampurnya dengan air dengan perbandinga 1:9 (minyak teh 1 tetes banding air 9 tetes). Kemudian sebelum pemakaian bersihkan wajah anda terlebih dahulu menggunakan air bersih setelah itu oleskan pada wajah anda menggunakan kapas hingga merata. Diamkan beberapa saat hingga mengering dan bersihkan menggunakan air setelahnya.

12. Daun Mint

Mint mmeiliki kandungan mentol yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan penghilang nyeri pada jerawat. Mint membantu menghilangkan efek kemerahan pada wajah dan juga dapat meredakan pembengkakan yang diakibatkan jerawat.

Cara pemakai : Hancurkan daun mint menggunakan blender atau bisa ditumbuk sendiri. Setalah itu oleskan pada wajah daun mint yang telah halus tadi dan diamkan selama 10-15 menit. Bersihkan dengan air dingin dan lakukan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

13. Kentang

Kentang kaya akan kandungan sulfur, kalium, klorida dan fosfor yang sangat baik untuk wajah dan dapat menyembuhkan jerawat yang membandel. Dengan Kandungan antioksidan yang tinggi pada kentang dapat mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru dan menyehatkannya.

Cara pemakaian: Parut 1 buah kentang kemudian gosokkan pada wajah yang telah dibersihkan dengan air kemudian diamkan selama 15-30 menit.

14. Mandi Uap

Uap memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh manusia salah satunya dapat mengobati jerawat. Cara ini bisa anda lakukan dengan mengunjungi steam yang ada di gym-gym namun jika anda tak terbiasa mengunjungi tempat-tempat tersebut berikut ini adalah alternatif mandi uap secara alami menggunakan bahan-bahan tradisional.

Caranya: Rebus air hingga mendidih kemudian tuangkan kedalam mangkuk atau wadah besar. Biarkan sesaat sampai suhu air menurun sedikit atau kira-kira sudah tak terlalu panas lagi.

Dan posisikan wajah anda diatas mangkuk tersebut serta taruhlah handuk diatas kepala anda. Biarkan uap air panas tersebut membasahi wajah anda sekitar 10-15 menit dan bersihkan air pada wajah sesudahnya menggunakan handuk tadi. Jika dilakukan secara rutin dapat menyembuhkan jerawat.

15. Jus lemon

Lemo mengandung vitamin c dan asam nitrat yang berfungsi untuk mengobati jerawat serta membantu pengelupasan kulit.

Cara pemakaian: Siapkan jus lemon kemudian oleskan pada wajah menggunakan kapas. Jika terasa perih anda dapat menambahkan sedikit yogurt kedalam jus tersebut. Diamkan beberapa saat hingga mongering..

Nah, inilah 15 jenis obat tradisional alami yang dapat Anda coba untuk menghilang jerawat yang mengganggu kepercayaan diri Anda, selamat mencoba.  Diolah dari Berbagai Sumber (B)

 

Penulis : Ilham Surahmin
Editor :Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com