Tampilan Desktop


16 Desa di Konkep Belum Dapat Dana Desa
122 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LANGARA – Sebanyak 16 desa di Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra) belum mendapatkan kucuran dana desa. Saat ini desa tersebut tengah diusulkan untuk mendapatkan dana yang bersumber dari APBN tersebut.

sekretaris-badan-pemberdayaan-masyarakat-desa-bpmd-kabupaten-konawe-kepulauan-konkep-jamhur-umirlan

Jamhur Umirlan

“Total ada 16 desa se-Konkep yang belum mendapatkan dana desa, termasuk dalam kategori desa persiapan yang diusulkan untuk diuruskan sebagai syarat untuk mendapatkan alokasi dana desa,” kata Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konkep, Jamhur Umirlan ditemui Rabu (5/10/2016).

Jamhur mengatakan, belum teregistrasinya kode desa di Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Bina Desa menjadi kendala pengalokasian dana desa di 16 desa tersebut.

“Faktor penyebabnya di daerah karena adanya keterlambatan proses pengurusan pada pejabat sehingga beberapa desa ini terlambat mendapatkan alokasi dana desa,” ujarnya

Meski begitu, pemerintah pusat telah memberikan jaminan untuk pengurusan kode desa pada tahun 2016 ini, dan di tahun mendatang alokasi dana desa tersebut telah siap dikucurkan.

Adapun 16 desa yang belum mendapatkan dana desa adalah Desa Lantula, Tanjungbatu, Pasirputih, Kawa-kawali, Lanowatu, dan Desa Langkowala di Kecamatan Wawonii Barat. Lalu di Kecamatan Wawonii Utara ada Desa Tongalere, Sawaindah, Tapumbatu, Tepolawa, dan Palingi Timur. Selanjutnya untuk Kecamatan Wawonii Timur ialah Desa Saburano.

Kemudian di Kecamatan Wawonii Tenggara ada Desa Bahaba, Kekea, dan Desa Waturai. Di Kecamatan Wawonii Selatan yakni Desa Langgara Jaya, kemudian untuk Kecamatan Wawonii Tengah yaitu Desa Baho pu’uwulu dan Desa Pu’ura’u. (C)

 

Reporter : Arjab Karim
Editor     : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com