2014 96 Kasus Laka Lantas di Konse, Kasat Lantas: Etika dan Pengetahuan Berlalu Lintas Rendah

57

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Konsel, IPTU Jumiran mengatakan ditahun 2013 dari 112 kasus kecelakaan, 30 orang diantaranya meninggal dunia, 49 orang luka berat dan 135 orang luka

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Konsel, IPTU Jumiran mengatakan ditahun 2013 dari 112 kasus kecelakaan, 30 orang diantaranya meninggal dunia, 49 orang luka berat dan 135 orang luka ringan. Sementara sejak Januari hingga Desember 2014 angka kecelakaan tersebut mampu dikurangi.

“Untuk 2014 ini hingga 28 Desember tercatat 96 kasus laka lantas dengan 12 orang meninggal, 49 orang luka berat dan 122 mengalami luka ringan dengan kerugian materil sebanyak Rp.180.550.000,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjannya, Rabu (14/1/2015).

Menurut Jumiran, kecelakaan tersebut disebabkan oleh tidak patuhnya masyarakat dalam berlalulintas yang kemudian rata-rata dilanggar oleh anak dibawah umur serta tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI).

“Ada juga yang biasanya mengemudi dalam keadaan mabuk atau mengkonsumsi minuman beralkohol,” ujar Jumiran kepada awak zonasultra.id

Lebih lanjut, mantan Kasat Lantas Buton itu menjelaskan potret masih rendahnya tingkat disiplin generasi muda dan masyarakat dalam berkendaraan tersebut merupakan fakta dan apabila kebiasaan berkendaraan yang belum disertai dengan nilai disiplin dapat menimbulkan Laka Lantas baik dirinya ataupu orang lain

“Kami juga tidak bosan-bosan memberikan pendidikan lalu lintas kepada masyarakat dan pelajar serta memberikan teguran atau penindakan terhadap pelanggar lalu lintas yang berpotensi kecelakaan fatal,” imbuhnya.

Jumrin berharap bagi pengguna jalan agar selalu patuh dan disiplin terhadap aturan lalu lintas agar menghindari terjadinya insiden kecelakaan. (Efan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini