Tampilan Desktop


2016, Dana Desa di Konsel Naik
320 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO–   Sebanyak 336 desa di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi  Tenggara  akan menerima kucuran dana dari pemerintah sebesar  Rp. 247 milyar di tahun 2016.

2016, Dana Desa di Konsel Naik

Saifullah

Dana tersebut diperuntukan bagi Alokasi Dana Desa (ADD) senilai Rp. 49  milyar  yang bersumber dari pemerintah provinsi dan pemerintah daerah sedangkan  Rp. 198 milyar diperuntukan bagi Dana Desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui APBN.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) kabupaten Konawe Selatan,  Saifullah mengatakan Kabupaten Konawe Selatan di tahun 2016 ini Dana Desa yang akan dikelola mengalami peningkatan.

Jika di tahun 2015 lalu, setiap desa hanya menerima Dana Desa sekira Rp 500 juta perdesa namun di  tahun ini rata-rata setiap desa akan menerima anggaran Dana Desa sekitar Rp. 800 juta.

Untuk itulah, Saifullah menegaskan,   dengan nila anggaran  sebesar itu dia meminta pemerintah desa tidak sembarangan dalam pengelolaanya

“ pada tahap pertama hingga ketiga tahun anggaran 2015 lalu telah diberikan dan tepat sasaran,” ujar Saifullah

Saifullah menambahkan  untuk pertanggung jawaban pengelolaan dana desa di tahun 2016 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini   pemeriksaan dana desa tersebut dilakukan oleh langsung oleh inspektorat.

Berdasarkan PP 60 Tahun 2014, Dana Desa diprioritaskan penggunaannya untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang menjadi prioritas tersebut, ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

 

Penulis  :  Evan
Editor     :  Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com