40 Siswa SMP 1 Raha Ikut Eskul PMR

0

Kepala Sekolah SMPN 1 Raha, La Ode Abdul Rahman Feti mengatakan, para siswa diberi pelatihan tentang prinsip-prinsi PMR yang meliputi prinsip kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarela

Kepala Sekolah SMPN 1 Raha, La Ode Abdul Rahman Feti mengatakan, para siswa diberi pelatihan tentang prinsip-prinsi PMR yang meliputi prinsip kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan.

“Secara indoor, peserta PMR dibekali dengan materi mengenai P2 (pertolongan pertama), sejarah PMR, evakuasi, anatomi susunan kerangka manusia, dan perawatan keluarga. Sementara untuk materi outdoornya, siswa diberi materi Dapur Umum (DU), dimana siswa dilatih untuk menghasilkan produk masakan yang sesuai dengan standar gizi,” urai Rahman, Selasa (10/3/2015).

Pelatihan ini lebih pada upaya pembinaan karakter siswa yang mengacu pada upaya hidup sehat, berkarya dan peningkatan pengabdian kepada masyarakat, serta bisa membina persahabatan, baik secara regional, nasional maupun internasional.

Setelah mengikuti pelatihan ini, siswa diharapkan memiliki pengetahuan dan skil untuk melakukan tindakan-tindakan pertolongan kepada yang lain yang membutuhkan.

Eskul yang diikuti mayoritas siswa kelas delapan itu, diharapkan bisa diaplikasikan untuk menolong rekan-rekan sesama siswa disekolah yang pingsan saat mengikuti upacara bendera.

“Setiap hari Senin pagi, mereka siap siaga untuk memberi pertolongan, jika ada rekan-rekan siswa lainnya yang jatuh pingsan atau sakit pada saat upacara,” ujar Rahman. (Lily)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here