4.500 Ekor Sapi Asal Konsel Dipotong di Kendari

0

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Konsel Ari Sismanto mengatakan, populasi jumlah ternak sapi mencapai 58.583 ekor yang tersebar di seluruh wilayah Konsel. Populasi sapi yang cukup tinggi tersebu

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Konsel Ari Sismanto mengatakan, populasi jumlah ternak sapi mencapai 58.583 ekor yang tersebar di seluruh wilayah Konsel. Populasi sapi yang cukup tinggi tersebut diklaim sebagai kesuksesan instansinya mendampingi petani, mulai dari layanan kesehatan, pendampingan, hingga pengembangbiakan.
“Salah satu upaya yang cukup berhasil meningkiatkan populasi sapi adalah inseminasi buatan atau kawin suntik. Meskipun kita tidak memiliki dokter hewan, tapi kita memiliki mantri ternak yang terampil dan terlatih,” jelas Ari di kantornya, Rabu (4/3/2015).
 
Jumlah mantri ternak (manak) yang dimiliki Konsel mencapai 30-an orang. Setiap tahun, para manak ini diberi pelatihan dan bimbingan agar ilmu mereka dapat diperbaharui. Pemberian inseminasi buatan secara gratis juga kerap dilakukan.(*/efan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here