Tampilan Desktop


53 Desa Tertinggal di Konsel Segera Naik Status Berkembang
88 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO- Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) akan menaikkan satus 53 dari 118 desa tertinggal di daerah itu menjadi desa berkembang.

Saat ini di Konsel terdapat 336 desa dan yang masih tertinggal sebanyak 118 desa.

Saifullah

Saifullah

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konsel, Saifullah saat ditemui di ruang kerjannya mengatakan, status desa secara nasional terbagi dari tiga kategori yaitu tertinggal, berkembang dan mandiri. Namun untuk di kabupaten itu hanya dua yakni tertinggal dan berkembang.

“Di Konsel, desa mandiri tidak ada, yang ada itu desa tertinggal sebanyak 118 dan 218 desa kategori berkembang,” katanya, Jum’at (15/1/2016).

Berdasarkan amanah program Nawacita presiden RI, pihaknya akan menaikkan status desa tersebut dari tertinggal menjadi berkembang dan dari berkembang menjadi mandiri.

“Data yang sudah digodok pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sebanyak 53 desa tertinggal akan dinaikkan statusnya menjadi berkembang,” ujarnya.

Sedangkan dari desa berkembang menuju desa mandiri, pihaknya diberi jatah tiga desa yakni Desa Tatangge Kecamatan Tinanggea, Desa Akuni Kecamatan Tinanggea dan Desa Kota Bangun Kecamatan Ranomeeto.

Menurutnya, yang masuk dalam kategori desa tertinggal ialah mengutamakan pemberdayaan masyarakat dan akses jalanan.

 

Penulis : Irfan Mualim
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com