Tampilan Desktop

6 Mega Proyek Infrastruktur Yang Akan Dibangun di Sultra
1197 Dibaca

MEGA PROYEK SULTRA

MEGA PROYEK SULTRA : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra Natsir Andi Baso (berdiri) saat memberikan sambutan dalam acara Ground Brekaing Jembatan Bahtermas Teluk Kendari, Jumat (19/8/2016) di Kota Lama. Dalam kesempatan ini dirinya menjelasakan 6 mega proyek pembangunan strategis di Sultra. (Foto : ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Enam mega proyek  infrastruktur akan dibangun di Sulawesi Tenggara dalam rangka mendukung pembangunan daerah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra Natsir Andi Baso mengungkapkan dengan tujuan untuk mengembangkan kemajuan perekonomian Sultra, pihaknya telah merancang 6 mega proyek yang akan dibangun di sejumlah daerah yang ada di Sultra.

“Selain kegiatan ground breaking jembatan Bahtermas Teluk Kendari, kita juga akan melaunching 6 mega proyek lainnya,” ungkap Natsir Andi Baso saat memberikan sambutan di acara Ground Breaking Jembatan Bahteramas Teluk Kendari, Jumat (19/8/2016).

Enam mega  proyek yang dimaksud pertama pembangunan  Bendungan Ladongi, Kolaka Timur (Koltim) yang akan dikerjakan mulai tahun 2016 hingga 2020 dengan menelan anggaran sebesar 907 milliar. Bendungan Ladongi nantinya akan mengairi lahan persawahan sekitar 1.390 hektar. Selain itu pontensi listrik hingga 1,5 megawatt dapat dihasilkan dari kekuatan air yang mencapai 120 liter perdetik.

Kedua,  pembangunan gedung Bank Sultra. Gedung ini akan dibangun setinggi 14 lantai yang akan menelan biaya sekitar 140 milliar dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas Bank Sultra sebagai bank daerah yang nantinya akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Sultra serta sebagai salah satu agenda pemanfaatan aset provinsi.

Ketiga pembangunan PLTU di Moramo, Konawe Selatan (Konsel) yang rencananya akan dilaksanakan ground breaking pada tanggal 8 September 2016 mendatang.

Keempat  Pembangunan Kendari Golden Trade Center  yang berada di eks RSUD Provinsi dengan  menelan anggaran sekitar 500 milliar sebagai agenda pemanfaatan aset provinsi.

(Berita Terkait : Ground Breaking Jembatan Bahteramas Teluk Kendari Resmi Dilaksanakan)

Kelima  pembangunan  Sarana Olahraga Terpadu di Nanga-Nanga, Andounohu dengan menelan anggaran sekitar 100 milliar yang merupakan kerjasama pemprov Sultra dengan sejumlah BUMN diantaranya PT. Antam.

Dan ke-enam Pembangunan Kendari Newport,  yang merupakan agenda bersama dengan pemeritah kota (Pemkot) Kendari untuk mengembangkan kawasan Teluk Kendari dan Bungku Toko yang akan menjadi sebuah akses baru untuk menunjuang dan merangsang pertumbuhan ekonomi baru di Sultra dengan menelan anggaran sekitar 800 milliar. (A)

 

Reporter  Ilham Surahmin
Editor Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

2 Comments

  1. Julman Hijrah 19 Agustus 2016 at 4:12 pm

    gimana dengan pembangunan Infrastruktur jalan Provinsi yang ada di Kabupaten kapan akan di lakukan, anggaran yang cukup fantastis itu hanya untuk menjadi bangunan monumental yang jauh menyentuk perekonomian masyarakat. tanggung jawab jangan di abaikan Pak Gubernur. kesejahteraan masyarakat adalah janji Gubernur.

  2. Hamiudin (required) 20 Agustus 2016 at 10:09 am

    Jalan poros atw jalan propinsi atw jalan negara atw jalan rakyat atw jalan kesejahteraan rakyat atw jalan ekonomi rakyat ataw jalan penghubung antar daerah, khusunya kab. Muna, kapan disentuh dg dana seperti itu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com