Tampilan Desktop



Akses Jalan Baru Terbuka, Harga Tanah Meningkat
44 Dibaca

Akses Jalan Baru Terbuka, Harga Tanah Meningkat

Walikota Kendari sedang mengecek pembukaan jalan baru dari gerbang Puwatu menuju Tabanggele Kabupaten Konawe, jalan ini nantinya akan memperpendek jarak dari Kota Kendari menuju Morosi kabupaten Konawe. (Sumarlin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari saat ini sedang membuka sejumlah ruas jalan baru untuk mencegah terjadinya kemacetan di masa yang akan datang akibat perkembangan Kota Kendari yang semakin pesat akhir-akhir ini. Selain membuka akses, pembuatan jalan baru ini bisa meningkatkan nilai ekonomis tanah, karena sebelumnya berada di lokasi terpencil kini berada di lokasi strategis.

Menurut Kepala Dinas Pendapatan Kota Kendari Nahwa Umar, pembukaan jalan baru ini sangat menguntungkan warga, apalagi yang memiliki tanah berada di lokasi jalan yang dibuka. “Pembukaan jalan baru ini mempunyai beberapa dampak, bagi pemerintah membuka pusat pertumbuhan baru, sedangkan bagi warga tentu tanahnya menjadi mahal,” kata Nahwa ditemui Selasa (3/1/2017).

Meningkatnya harga tanah kata dia, berkaitan erat dengan lokasi tanah sebab salah satu persyaratan penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) ialah posisi atau letak tanah. Pembukaan jalan baru yang dilakukan pemerintah Kota Kendari baik di sisi Selatan maupun Utara sangat berdampak terhadap peningkatan NJOP tanah milik warga. Jika selama ini nilai tanah di titik tersebut masih berkisaran belasan hingga puluhan ribu rupiah, setelah terbukanya jalan meningkat menjadi ratuan bahkan jutaan rupiah.

Selain menguntungkan masyarakat, lanjutnya peningkatan nilai ekonomi tanah ini juga bisa meningkatkan pendapatan Kota Kendari karena meningkatnya nilai NJOP maka nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dibayarkan pada pemerintah kota juga akan meningkat. (B)

 

Reporter: Sumarlin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free